Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (CHR) pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI.A Madrasah Aliyah As’adiyah Ereng-ereng Kabupaten Bantaeng

Fitri Amriani(1*), Patahuddin Patahuddin(2), M. Rasyid Ridha(3),

(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan menerapkan Model pembelajaran Course Review Horay (CHR), pada pembelajaran sejarah Kelas XI.A MA As’Adiyah Ereng-Ereng Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action, penelitian ini dilaksanakan dengan 4 langkah yakni: perencanaan (Planning), pelaksanaan (Action), pengamatan (Observation), refleksi (Reflection). Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah As’Adiyah Ereng-Ereng Kabupaten Bantaeng, dengan subjek penelitian 20 orang peserta didik pada kelas XI.A. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, angket dan dokumentasi. Data yang taerkumpul dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CHR), merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah peserta didik pada kelas XI.A Madrasah Aliyah As’Adiyah Ereng-Ereng Kabupaten Bantaeng. Peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari data hasil angket penelitian dari siklus I ke siklus II, dimana persentase rata-rata hasil angket motivasi belajar sejarah dari 73,85% menjadi 79,51% atau berada dalalm kategori tinggi, sehingga persentase peningkatan motivasi belajar 5,66%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas peserta didik yand dapat dilihat dari hasil observasi selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpukan bahwa motivasi belajar sejarah sejarah kelas XI.A Madrasah Aliyah As’Adiyah Ereng-Ereng, melalui penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CHR) mengalami peningkatan.


Keywords


Motivasi Belajar; Course Review Horay (CHR); Madrasah Aliyah As’Adiyah Ereng-Ereng Kabupaten Bantaeng.

Full Text:

PDF

References


Agung, L., & Wahyuni, S. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Ombak.

Asmara, U. H. (2018). Profesi Kependidikan. ALFABETA Cv.

Emda, E. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Latanida Journal, 5(2), 93–196.

Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2012). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Meningkatkan Muti Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Penerbit Teras.

Hamali, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. PT Bumi aksara.

Hamdayana, J. (2017). Metodelogi Pengajaran. PT Bumi Aksara.

Hamid, A. R. (2014). Pembelajaran Sejarah. Ombak.

Hamid, A. R., & Madjid, M. S. (n.d.). Pengantar Ilmu Sejarah (2nd ed.). Ombak.

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada.

Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT RajaGrafindo Persada.

Mahanani, P. E., Suhito, & Mashuri. (2013). Keefektifan Model Course Review Horay Berbantuan Powerpoint Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i3.3362

Maolani, A. R., & Cahaya, U. (2015). Metodelogi Pendidikan. Rajawali Pers.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Purnomo, H. (2019). Psikologi Pendidikan (T. Wahyono (ed.)). Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengapdian Masyarakat (LP3M).

Purwanto, Nanang. (2014). Pengantar Pendidikan. Graha Ilmu.

Purwanto, Ngalim. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2013). PENELITIAN TINDAKAN KELAS Jenis, Metode dan Prosedur (1st ed.). Kencana Prenada Media Group.

Saputri, E. (2016). Pengaruh dengan Model Pembelajaran CHR ( Course Review Horay) Terhadap Kemampuan Menguasai Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Bandongan Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas negeri Semarang.

Susanti, S., & Mulyani, R. (2015). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam pembelajaran sejarah Melalui Model Cooperative Tipe Picture and Picture Kelas XI SMAN 1 Kelam Permai Kabupaten Sintang. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=model+pembelajaran+tipe+picture+and +picture+sejarah&btnG=.

Triyanti, M., Harmoko, & Lestari, N. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Course Review Horay Terahdap Hasil Belajar Biologi dan Motivasi Siswa Kelas X SMA Negeri Jayaloka. BIOEDIUKASI Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro, 9(2), 99–107.

Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Deasin Pembelajaran. Kencana.

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan (D. Ilham (ed.); 1st ed.). Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.


Article Metrics

Abstract view : 189 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitri Amriani, Patahuddin Patahuddin, M. Rasyid Ridha

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail amirullah8505@unm.ac.id

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.