Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Model PBL Materi Nilai-Nilai Budaya Masyarakat Praaksara di Kelas VII SMPN 1 Jebus Kab. Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung.
(1) Ilmu Pengetahuan Sosial, Yayasan Kanaan Duri, Kab. Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung
(2) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan
(3) Ilmu Pengetahuan Sosial, SMPN 29 Kota Makassar, Sulawesi Selatan
(*) Corresponding Author
Abstract
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah salah satu Mata Pelajaran Terpadu ditingkat SMP. Pembelajaran IPS hendaknya dilakukan secara interaktif guna mencapai tujuan pembelajaran. Namun pada prosesnya terkadang berlangsung secara konvensional, yang berdampak pada rendahnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Jebus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model Problem Based Learning dengan orientasi masalah terkini pada mata pelajaran IPS.Problem Based Learning dipilih untuk dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII D shift 1 SMP Negeri 1 Jebus yang berjumlah 15 siswa.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa sebesar 38,75 % dari 42,5% pada siklus I menjadi 81,67% pada siklus III.Berdasarkan hasil penelitian, bahwa metode Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Jebus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abriyanti, R., Syukur, M., & Iwerna, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX di UPT SMP Negeri 3 Binamu Kab. Jeneponto Sulawesi Selatan. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 4(1), 403–413.
Fox, M., Hopkins, D., & Graves, J. (2021). Building research capacity in hospital-based social workers: A participatory action research approach. Qualitative Social Work, 14733250211048544.
Gamar, M. M., & Tati, A. D. R. (2021). Utilization of ICT-Based Learning Media in Local History Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1), 12079.
Hamalik, O. (2001). Proses belajar dan mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Indra, R., & Syukur, M. (2017). Peranan Guru dalam Pembinaan Moral Siswa di SMA Negeri 7 Kabupaten Pinrang. JURNAL SOSIALISASI, 4(3), 113–119.
Jumriani, J., Bahri, B., & Jumadi, J. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMAN 2 Pinrang. Attoriolong, 19(2), 68–77.
Kbbi, K. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kementerian Pendidikan Dan Budaya.
LH, N. L. H. N., & Syukur, M. (2018). HABITUS BELAJAR SISWA BERPRESTASI DI SMA NEGERI 12 MAKASSAR. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 87–93.
Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas program sekolah ramah anak dalam meningkatkan karakter anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20–29.
Perdana, S. A., & Slameto, S. (2016). Penggunaan Metode Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2).
Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120–125.
Rudduck, J., & Hopkins, D. (1985). Research as a Basis for Teaching. London.
Sudjana, N. (1995). Penilaian hasil proses belajar mengajar.
Sudjana, N. (2009). Media pengajaran.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. https://doi.org/Doi 10.1016/J.Datak.2004.11.010
Sugiyono. (2017). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi. In Metodelogi Penelitian.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 120–123.
Tabroni, T., Syukur, M., & Indrayani, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Rokan IV Koto Kab. Rokan Hulu Riau. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 4(2), 261–266.
Tati, A. D. R., Rohana, R., Said, M., Ahmad, W. K., Bahri, B., & Fatmawati, S. (2019). Influence of Inquiry Method with Library Utilization of Social Studies Learning Outcomes.
Article Metrics
Abstract view : 212 times | PDF view : 38 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jennes Choirunnissa Puspitasari, Herman Herman, Ansyar Ansyar
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
PUBLISHED BY :
Prodi Pendidikan Sejarah
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Makassar
Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail [email protected]
Attoriolong INDEXED BY
LICENSED BY :
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.