Objek Wisata Gunung Bulusaraung pada Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19)

St. Rahmania(1*), Najamuddin Najamuddin(2), Rifal Rifal(3),

(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Objek wisata Gunung Bulusaraung Pada Masa Pandemi Covid-19. Gunung Bulusaraung merupakan sebuah objek wisata yang terletak di Desa Tompo Bulu Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep. Dengan memaparkan latar belakang terbentuknya Bulusaraung sebagai objek wisata, sistem pengelolaan Bulusaraung sebelum dan masa pandemi Covid-19, dan dampak Covid-19 terhadap Objek Wisata Gunung Bulusaraung. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang meliputi heuristik atau pengumpulan data yang diperoleh melalui studi kepustakaan, studi kearsipan, wawancara, dan observasi. Selanjutnya dilakukan kritik sumber terhadap sumber yang telah dikumpulkan, kemudian diinterpretasi atau diberikan penafsiran terhadap sumber tersebut. Langkah terakhir yaitu historiografi atau penulisan sejarah yang pada akhirnya melahirkan tulisan tentang Objek Wisata Gunung Bulusaraung Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang Gunung Bulusaraung menjadi bagian dari Taman Nasonal Bantimurung pada tahun 2004, akan tetapi baru dikelola pada tahun 2010. Sejak pemerintah Indonesia mendeklarasikan Covid-19 sebagai bencana nasional pada tanggal 02 maret 2020, Salah satu objek wisata yang terkena dampak Covid-19 adalah Gunung Bulusaraung. Objek Wisata Gunung Bulusaraung sebagai bentuk pariwisata berbasis pelestarian lingkungan, memiliki urgensi untuk tetap melakukan operasional. Dengan diterapkannya protokol kesehatan yang sangat ketat diharapkan selain dapat menekan penyebaran Virus Corona juga dapat memulihkan pariwisata di Kawasan Objek Wisata Gunung Bulusaraung. Covid-19 menimbulkan kerugian terhadap objek wisata Gunung Bulusaraung yang mana semua pemangku kepentingan mulai dari Pemerintah Daerah, pelaku usaha sampai dengan pekerja disektor objek wisata merasakan kerugian tersebut.


Keywords


Objek Wisata Gunung Bulusaraung; Pandemi; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Daliman, A. (2018). Metode Penelitian Sejarah. Penerbit Ombak.

Gunagama, M. G., Naurah, Y. R., & Prabono, A. E. (2020). Pariwisata Pascapandemi: Pelajaran Penting dan Prospek Pengembangan. Engineering Jurnal, 5(2), 56–68.

Haerani, H. G. (2012). Pengembangan Kawasan Ekowisata di Pulau Maitara Kota Tidore KepulauanJurnal Plano madani. 1(1). Jurnal Plano Madani, 1(1).

Kiswantoro Amin, D. (2020). Penyaluran Alat Pencegahan Dan Sosialisasi Protokoler Kesehatan Untuk Pelayanan Kunjungan Wisatawan Dalam Menghadapi New Normal Pasca Pandemi Covid-19. Abdimas Pariwisata, 1(2), 38–51.

Madjid M.D, Wahyudhi, J. (2014). Ilmu Sejarah : Sebuah Pengantar. Prenada Media Grup.

Mahalika, A. M. & F. (2017). New Normal Tourism Sebagai Pendukung Ketahanan Ekonomi Nasional Pada Masa Pandemi. Peneliti Pusat Studi Kemanusiaan Dan Pembangunan.

Mangku Hermansyah Batin, D. (2020). Covid-19 & Disrupsi. Pusaka Media.

Siburian. (2010). Pengelolaan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung dan Dampaknya Terhadap Masyarakat Lokal. Masyarakat & Budaya. 12(1)

Sutrisnawati Ketut Ni, D. (2020). Upaya Pemulihan Sektor Pariwisata Di Tengah Pandemi Covid-19. Kajian Dan Terapan Pariwisata, 1(1), 39–57.

Tim pengajar jurusan pendidikan Sejarah. (2017). Pengantar Ilmu Sejarah. Universitas Negeri Makassar.

Wicaksono, A. (2019). New Normal Pariwisata. Ilmiah, 14(3).


Article Metrics

Abstract view : 11 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail [email protected]

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.