Penggunaan Media Film Dokumenter dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Bone
(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 8 Bone pada Mata Pelajaran Sejarah melalui penggunaan Media Film Dokumenter. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 8 Bone pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah peserta didik 25 orang, yakni terdiri dari 12 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Siklus I dilaksanakan 3 kali pertemuan dan Siklus II dilaksanakan 3 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan lembar observasi.Penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar sejarah peserta didik setelah penggunaan media film dokumenter, yaitu pada siklus I menunjukkan bahwa skor rata-rata motivasi belajar peserta didik yakni 70,36% berada pada kategori sedang. Siklus II menunjukkan skor rata-rata motivasi belajar peserta didik sebesar 83,92% berada pada kategori tinggi.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film dokumenter dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 8 Bone.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar,Suardika, I. K., Mursidin, T., Suleiman, A. R., & Syukur, M. (2018). “ Kalosara” Revitalization as an Ethno-Pedagogical Media in the Development of Character of Junior High School Students. International Education Studies, 11(1), 172–183.
Awaru, A. O. T., Syukur, M., Agustang, A. D. M. P., & Arifin, Z. (2020). Mapping Student Learning Styles Achieving Using Kolb’s Learning Style Inventory in Sinjai Regency. Jurnal Ad’ministrare: Jurnal Pemikirian Ilmiah Dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, Vol. 7,(No 2, July-December), 391–400. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/ja.v7i2.17351
Kunandar. (2007). Guru Profesional Dan Implementasi Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Raja Grafindo Persada.
LH, N. L. H. N., & Syukur, M. (2018). Habitus Belajar Siswa Berprestasi di SMA Negeri 12 Makassar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 87–93.
Misnah, M., Mutawakkil, M., Listiqowati, I., Iskandar, I., & Bahri, B. (2019). Local Wisdom Development Givu Customary Law Values through Audio Visual Learning Media for Social Ecological Sustainability.
R, W. (2005). Metode penelitian tindakan kelas. Remaja Rosdakarya.
Romadhan, M. (2015). Peningkatan motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS I SMA Tengku umar Semarang melalui penggunaan media film dokumenter. Universitas Negeri Semarang.
S, M. (2004). Metode Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.
Salma p., D. & E. S. (2007). Mozaik Tehnologi Pendidikan. Prenada Media Group.
Sugiono. (2005). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Tati, A. D. R., & Bahri, B. (2019). The Effect of Classroom Management on Student Learning Motivation in Social Science Subject in Fourth Grade of Telkom Elementary School of Rappocini District of Makassar.
Zakaria. (2009). Model Pembelajaran Sejarah Dengan Media Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Film Dokumenter Sejarah. Kultura FKIP Universitas Samudera Langsa.
Article Metrics
Abstract view : 284 times | PDF view : 42 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Riska Wahyuni, Amirullah Amirullah, Mustari Bosra
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
PUBLISHED BY :
Prodi Pendidikan Sejarah
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Makassar
Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail amirullah8505@unm.ac.id
Attoriolong INDEXED BY
LICENSED BY :
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.