Tradisi Ma’nene di Desa Tonga’riu Kecamatan Sesean Suloara, Toraja Utara: dari Aluk Tudolo ke Aluk Kristen, 1990-2017.

Masytha Bakkarrang(1*), Patahuddin Patahuddin(2), Najamuddin Najamuddin(3),

(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tradisi Ma’nene di Desa Tonga’riu Kecamatan Sesean Suloara, Toraja Utara: Dari Aluk Todolo ke Aluk Kristen (1990-2017), Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar, (Dibimbing oleh Patahuddin dan Najamuddin). Penelitian dan penulisan ini bertujuan untuk  mengetahui tata cara pelaksanaan tradisi ma’nene berdasarkan Aluk Todolo dan Aluk Kristen di Desa Tonga’riu Kec. Sesean Sulora, Toraja Utara serta dampak pada masyarakat di Desa Tonga’riu Kec. Sesean Suloara, Toraja Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri atas empat tahapan yakni: Heuristik (pengumpulan data dan sumber), kritik sumber yang terdiri dari kritik intern dan kritik ekstern, interpretasi atau penafsiran dan historiografi atau penulisan sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ma’nene berdasarkan Aluk Todolo di sebut dengan man’ta’da artinya memohon berkat kepada nenek moyang agar dilimpahkan berkat dan dijauhkan dari malapetaka yang diawali dengan mengganti pakaian jenazah yang dipimpin oleh To’minaa. Hari selanjutnya seluruh hewan yang dikurbankan di kumpulkan untuk dipersembahkan kepada para leluhur nenek moyang. Dan diakhiri dengan mengundang arwah nenek moyang dengan cara pembacaan doa-doa dengan 80 kata-kata bahasa Toraja kuno yang dilakukan oleh Tomina. Setelah itu, arwah nenek moyang sudah dianggap datang memakan persembahan yang telah disediakan didalam tubuh Tominaa yang dengan kata lain Tominaa yang memakan persembahan itu. Adapun Tata cara pelaksanaan ma’nene berdasarkan Aluk Kristen disebut dengan ma’putu atau membungkus kembali yang diawali dengan beribadah di gereja yang dipimpin oleh pendeta.  Ritual ma’nene berdasarkan Aluk Kristen merupakan adat yang harus dilakukan pada waktu yang telah disepakati keluarga. Hewan yang dikurbankan sebagian dipersembahkan kepada nenek moyang dan sebagian dikomsumsi bagi mereka yang hadir diacara tersebut. Kegiatan ini diakhiri dengan acara ucapan syukur yang disebut massemba. Makna Ma'nene bagi Aluk Todolo dan masyarakat yang beragama Kristen memiliki kesamaan yaitu tanda kasih sayang terhadap kerabat yang meninggal. Pengaruh Ma'nene terhadap Kristen itu sesungguhnya tidak terlalu mencolok bagi masyarakat yang menganut agama Kristen, namun bagi orang Aluk Todolo itu sangat berpengaruh karena banyaknya perubahan yang terjadi dari segi tatacaranya dan aturan-aturan yang berlaku menurut Aluk Todolo.


Keywords


Ma’nene, Aluk Tudolo, Aluk Kristen, Toraja Utara

Full Text:

PDF

References


Ada, J. L. (2014). Aluk Todolo Menantikan Kristus: Ia Datang Agar Manusia Mempunyai Hidup Dalam Segala Kelimpahan. Toraja : Batu Serambi.

Amirullah. (2015). Konsep Kebudayaan dan Pembangunan Indonesia Ditengah Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jurnal Pattingalloang, 3.

Bahri, J. (n.d.). ADRT (2021). Integrasi Nilai Karakter Pada Pembelajaran Sejarah Lokal (Muhammad Syukur (Ed.)). Media Sains Indonesia.

Barumbu, Y. (2015). Potret Pergeseran Budaya Ma'nene di Kec. Baruppu, Kab. Toraja Utara. Journal Of Sciences Humanities, 15.

Batara, D. U. (2017). Perbedaan Kasta (Tana’)Dalam Perkawinan Adat Tana Toraja. Makassar: Unhas Press.

Daliman, A. (2015). Metodologi Penelitian Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Eka Yanti, J. M. (2019). Tradisi Adat Pattaungeng Situs Tinco di Soppeng, 2007-2017. Jurnal Pattingalloang, 47.

Hasanuddin, A. D. (2016). Strukturalisme Levi-Strauss Mitos dan Karya Sastra. Yogyakarta: Kepel Press.

J.L.Ada. (2014). Aluk Tudolo Menentikan Kristus: Ia Datang Agar Manusia Mempunyai Hidup Dalam Segala Kelimpahan. Toraja: Serambi.

Kandek, V. (2015). Ma'nene (Upacara Membersihkan dan Mengganti Pakaian Jenazah Leluhur Pada Masyarakat Baruppa. Makassar: Unhas Press.

Lidya Arni Barumbun, M. R. (2018). Objek Wisata Ke'te Kesu'. Jurnal Pattingalloang, 24.

Majid, A. R. (2014). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Najah, N. (2014). Suku Toraja:Fanatisme Filosofi Leluhur. Makassar: Arus Timur.

Nugroho, A. S. (2020). Aktivitas Perekonomian Di Delta Brantas Pada Abad Ke-10 Masehi. Jurnal Pattingalloang, 274.

Ritual Kematian Tanpa Mayat. Kanibalisme Budaya dan Pariwisata: Kongres Kebudayaan Indonesia. (n.d.).

Sandrarupa, S. (2010). Ritual Kematian Tanpa Mayat. Kanibalisme Budaya dan Pariwisata: Kongres Kebudayaan Indonesia. Jakarta: Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata.

Sejarah, T. P. (2016). Pengantar Ilmu Sejarah. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sjamsuddin, H. (2016). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Sumarto. (2016). Budaya Pemahaman dan Penerapannya Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Keseninan dan Teknologi. Jurnal Literasiologi, 16.

Tangdilintin, L. (2014). Toraja dan Kebudayaannya. Makassar: Lembaga Kajian dan Penulisan Sejarah Budaya Sulawesi Selatan.

Tumba’Arrang, G., Agustang, A., & Syukur, M. (2020). Pergeseran Pemaknaan Rumah Ada Tongkonan Dan Alang Pada Masyarakat Toraja. Phinisi Integration Review, 3(2), 150–164.

Patiung, M., & Suleman, Ari Alpriansah, Muhammad Syukur., J. (2020). Ma’pasilaga Tedong: Analisis Tradisi Adat Pemakaman Rambu Solo Di Toraja Sulawesi Selatan. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 9(2), 1072–1077.

Yusri, d. M. (2014). Potret Pergeseran Budaya Ma’Nene di Kec. Baruppu, Kab. Totaja Utara, Sul-Sel. Journal of Social Sciences and Humanities, 14.


Article Metrics

Abstract view : 422 times | PDF view : 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Masytha Bakkarrang, Patahuddin Patahuddin, Najamuddin Najamuddin

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail amirullah8505@unm.ac.id

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.