Jejak Sejarah Kerajaan Siang di Pangkep 1998-2019

Muhammad Nur Fajri(1*), Najamuddin Najamuddin(2), Jumadi Jumadi(3),

(1) Prodi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk peninggalan dari Kerajaan Siang di Pangkep, hubungan peninggalan dengan Kerajaan Siang, serta mengetahui bagaimana pandangan masyarakat tentang Kerajaan Siang di Pangkep. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri atas empat tahapan yaitu : Heuristik yaitu penumpulan data dan sumber, Kritik sumber yang terdiri dari kritik intern dan ekstern, Interpretasi atau penafsiran sumber dan Historiografi yaitu penulisan sejarah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jejak sejarah Kerajaan Siang di Pangkep masih meningglakan jejak dengan adanya temuan benda – benda berupa keramik Asing, benda pusaka dan sebaran makam yang berada di wilayah kecamatan Pangkajene dan Kecamatan Bungoro. Berdasarkan temuan keramik dan benda-benda lainnya memberikan sedikit bukti bahwa kerajaan siang pernah berdiri dan berjaya di wilayah kabupaten Pangkep. Beberapa masyarakat mempercayai bahwa kerajaan siang pernah berdiri di Kabupaten Pangkep dan mereka juga berharap agar peninggalan dari kerajaan siang tetap terawat dengan baik. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa meskipun temuan benda –benda dan situs makam masih sedikit akan tetapi telah memberikan bukti bahwa Kerajaan Siang pernah berdiri dan berjaya di Sulawesi Selatan terkhususnya di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.


Keywords


Kerajaan Siang, Peninggalan, Pangkep

Full Text:

PDF

References


Daliman. 2015. Metode Penelitian Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

AS Kambie. (2008). Pangkep Tempo Doeloe . Makassar: Parasufia.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Pangkajene. (2020) . Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan Dalam Angka 2020. Pangkajene Dan Kepulauan: BPS Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan.

Bahri, B. (2017) ‘Integrasi Nilai Karakter pada Mata Kuliah Sejarah Lokal’, in Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-ilmu Sosial, pp. 155–164.

Bahri, B., Bustan, B. and Tati, A. D. R. (2020) ‘Emmy Saelan: Perawat yang Berjuang’, Al-Qalam, 25(3), pp. 575–582.

Helius Sjamsuddin, Helius. (2016). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak

HM Taliu BA, M Farid W Makkulau. (2012). Sejarah Kerajaan Siang. Pangkep: Dinas Kebudayaan Dan Paiwisata Kabupaten Pangkep.

Maddusila. (2004). Biografi dan Kenangan H.Andi Mandacingi Karaeng Mandalle Dalam Percikan Revolusi 45. Pangkep : Markas Cabang Legiun Veteran RI Pangkep.

Moh Ali Fadillah,M Irfan Mahmud. (2001). Kerjaan Siang Kuna Sumber Tutur Dan Tapak Arkeologi. Makassar: Balai Arkeologi Makassar dan Lembaga Penerbitab Universitas Hasanuddin.

Moh Ali Fadillah , M Irfan Mahmud. (2000). Survey Dan Eksvakasi Situs Klasik Pusat Kerajaan Siang Di Desa Bori Appaka Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan. Makassar: Pusat Arkeologi Balai Arkeologi Makassar.

Sahajuddin. (2018). Integrasi Awal Terbentuknya Kerajaan-Kerajaan Lokal Di Sulawesi Selatan. Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulawesi Selatan. Vol.9,No.1, Juni.

Syukur, M. et al. (2013) ‘Kearifan Lokal dalam Sistem Sosial Ekonomi Masyarakat Penenun Bugis-Wajo’, Mudra Jurnal Seni Budaya, 28(2), pp. 129–142.

Syukur, M. (2014) ‘Transformasi Penenun Bugis Wajo Menuju Era Modernitas’, Paramita: Historical Studies Journal, 24(1).

Syukur, M. (2016) ‘Social Network of Bugis Weavers at Wajo Regency, South Sulawesi’, KOMUNITAS: International Journal of Indonesia Society and Culture, 8, pp. 155–168.

Tim Pengajar Jurusan Pendidikan sejarah. (2016). Pengantar Ilmu Sejarah. Makassar: Universitas Negeri Makassar


Article Metrics

Abstract view : 1351 times | PDF view : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Nur Fajri, Najamuddin Najamuddin, Jumadi Jumadi

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail amirullah8505@unm.ac.id

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.