Adat Katto Bokko di Bajubodoa, Maros 2000-2019

Megawati Megawati(1*), Jumadi Jumadi(2), M. Rasyid Ridha(3),

(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pelaksanaan adat katto bokko pada masyarakat di kelurahan Bajubodoa, dinamika adat katto bokko dari tahun 2000-2019, serta respon masyarakat terhadap adat katto bokko di kelurahan Bajubodoa Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adat katto bokko mulai dilaksanakan jauh sebelum adanya Kerajaan Marusu namun pada masa pemerintahan I Ali Daeng Muntu Karaenta Barasa pada tahun 1641-1698 tahapan demi tahapan mulai dijaga dan tidak ada yang berani merubahnya sampai sekarang. Namun seiring perkembangan zaman, tradisi ini mulai mengalami dinamika atau perubahan dari segala aspek, baik dari segi alat yang digunakan sampai dengan adanya keterlibatan pemerintah. Akan tetapi, adat ini masih mendapat respon yang baik dari masyarakat maupun pemerintah. Adat katto bokko yang merupakan upacara adat panen raya yang dilaksanakan oleh pihak kakaraengang Marusu masih tetap dilaksanakan setiap tahun. Bahkan telah mengalami perkembangan yang membuat acara ini makin meriah. Sehingga mendapat respon yang baik dari masyarakat dan pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri atas empat tahapan yaitu: (1) Heuristik (pengumpulan data atau sumber), (2) Kritik sumber yang terdiri dari kritik intern dan ekstern, (3) Interpretasi atau penafsiran sumber dan (4) Historiografi yaitu penulisan sejarah.


Keywords


Adat, Katto Bokko, Panen

Full Text:

PDF

References


A.Daliman, 2018. Metode Penelitian Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Hariati, 2017. Unsur-Unsur Budaya Islam Dalam Tradisi Permulaan Panen (AngngᾹllēūluᾹsē) Di Kelurahan Pappa Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar, Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Madjid, M. & Wahyudi, J., 2014. Ilmu Sejarah Sebuah Pengantar.. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Notosusanto, N., 1986. Mengerti Sejarah. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Sejarah, T. P. J. P., 2013. Pengantar Ilmu Sejarah. Makassar: Balai Penerbit UNM.

Situmorang, S., 2017. Tradisi Panjopputan Saat Memasuki Masa Panen Padi pada Masyarakat di Desa Poldung Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara. Pendidikan Antropologi, pp. 27-48.

Sjamsuddin, H., 2012. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

ST.Rachmah, 2018. Rumah Adat Balla Lompoa Kakaraengan Marusu Kassi Kebo di Kabupaten Maros (Suatu Kajian Historis), Makassar: UNM.


Article Metrics

Abstract view : 260 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Megawati Megawati, Jumadi Jumadi, M. Rasyid Ridha

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail amirullah8505@unm.ac.id

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.