Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Probing-Prompting pada Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 4 Makassar

Ilham Samudra Sanur(1*), M. Rasyid Ridha(2), Bustan Bustan(3),

(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran probing-prompting dan apakah dengan model pembelajaran probing-prompting dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 4 Makassar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 4 Makassar Kota Makassar tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran probing—rompting. Prosedur kerja dalam penelitian tindakan kelas terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran probing-prompting hal ini berdasarkan hasil tes siswa pada siklus 1 menunjukan bahwa persentase hasil belajar siswa yaitu 22,2%. Siklus 2 menunjukan persentase hasil belajar siswa sebesar 77,8%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran probing-prompting dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 4 Makassar.


Keywords


Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah, Probing-Prompting

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (1987). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Bebby, C. (1981). Cooperative Learning. Jakarta: LP3S.

Depdiknas. (2004). Pedoman Khusus Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Istarani. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kaco, A. U. (2008). Penilaian Pembelajaran Konsep dan Aplikasi Penilaian Berbasis Kelas. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional dan Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosakarya.

Sanjaya. (2007). Strategi Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suharsimi, A. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Bumi Aksara.

Suprijono, A. (2009). Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 270 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ilham Samudra Sanur, M. Rasyid Ridha, Bustan Bustan

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail [email protected]

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.