Usaha Tambang Pasir Batu di Desa Lonjoboko Kabupaten Gowa, 2006-2018

Aswan Aswan(1*), Najamuddin Najamuddin(2), Bahri Bahri(3),

(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang , dinamika perkembangan, dan dampak usaha tambang pasir batu di Desa Lonjoboko Kabupaten Gowa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang berdirinya usaha tambang pasir batu adalah lokasinya yang strategis karena dekat dengan Sungai Je’neberang sebagai tempat untuk menambang, besarnya permintaan akan material untuk pembangunan serta letak desa lonjoboko yang juga strategis sebagai sentra produksi tambang. Dalam menjalankan usaha tambang pasir batu di Desa Lonjoboko mengalami beberapa dinamika baik dari segi permodalan, kegiatan produksi, serta beberapa pengeluaran untuk keperluan usaha sebagai penunjang berjalannya usaha tersebut.  Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa munculnya usaha-usaha tambang pasir batu di Desa Lonjoboko Kabupaten Gowa telah mengakibatkan berbagai dampak diantaranya adalah dampak terhadap lingkungan seperti pencemaran tanah, pencemaran udara, debu yang berterbangan, kebisingan dan kerusakan jalan. Dampak sosial dengan adanya masala-masalah sosial seperti jalur lintasan penambangan yang harus melintasi tanah milik sendiri, rusaknya jalan sebagai sarana transportasi umum dan sengketa lahan. Selanjutnya dampak ekonomi, yakni dengan terserapnya beberapa tenaga kerja oleh usaha tambang tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif kesejarahan. Penelitian ini dilakukan melalui studi lapangan dan kajian pustaka dengan menggunakan metode penelitian sejarah yang mempunyai tahapan kerja, yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi


Keywords


Usaha Tambang, Pasir Batu, Lonjoboko.

Full Text:

PDF

References


Anas, A. V., & Sutrimo. (2016). . Model Supply Demand Sumberdaya Agregat Sungai Je’neberang, Sulawesi Selatan. Teknik Pertambangan, 72.

Astina. (2019, Desember 10). Dampak Ekonomi. (Aswan, Interviewer)

Gowa, B. K. (2018). Kecamatan Parangloe Dalam Angka 2018

Gowa: BPS Kabupaten Gowa.

Habibah, U., & Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah di Kota Bangkalan Madura. Ekonomi dan Bisnis, 31.

Hasanuddin. (2019, November 23). Dampak Sosial. (Aswan, Interviewer)

Hasanuddin. (2019, November 27). Latar Belakang Berdirinya Usaha Tambang. (Aswan, Interviewer)

Hasanuddin. (2019, Oktober 18). Perusahaan Tambang. (Aswan, Interviewer)

Hasanuddin. (2019, November 23). Proses Berdirinya Usaha Tambang. (Aswan, Interviewer)

Julianti. (2016). Kehidupan Sosial dan Ekonomi Penduduk Asli Pasca Konversi Lahan oleh PT. Inco Tbk (Studi Kasus Desa Sorowako Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan). Makassar: Universitas Hasanuddin.

Kama, S. (2019, November 23). Dinamika Usaha Tambang. (Aswan, Interviewer)

Kama, S. (2019, November 23). Perusahaan Tambang. (Aswan, Interviewer)

Listiyani, N. (2017). . Dampak Pertambangan Terhadap Lingkungan Hidup di Kalimantan Selatan dan Implikasinya Bagi Hak-hak Warga Negara. Hukum, 67.

Madjid, M. (2014). Ilmu Sejarah Sebuah Pengantar. Jakarta: Prenada Media Group.

Makmur, M. (2017). . Pengaruh Pertambangan Batuan Terhadap Perubahan Penggunaan Lahan Di Desa Lonjoboko Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Marilang. (2012). Paradigma Hukum Pertambangan (Suatu Kajian Hak Penguasaan Negara Atas Tambang). Makassar: Alauddin University Pres.

Mustari. (2019, Oktober 10). Dampak Sosial. (Aswan, Interviewer)

Mustari. (2019, Oktober 10). Sikap Masyarakat Terhadap Berdirinya Usaha Tambang. (Aswan, Interviewer)

Pratama, A. M. (2018). Persepsi Masyarakat Sekitar Waduk Bili-bili Terhadap Aktifitas Penambangan di Sungai Je’neberang. Teknik, 7.

Raho, B. (2007). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Rusniar. (2015, Oktober 1). Kerusakan Lingkungan Akibat Kegiatan Pertambangan”, http://rkerusakan-lingkungan-akibat kegiatan pertambangan. Retrieved Oktober 1, 2019, from Rusniar 26. blogspot.co.id: Kerusakan Lingkungan Akibat Kegiatan Pertambangan”, http://rusniar26.blogspot.co.id/2015/06/kerusakan-lingkungan-akibat-kegiatan.html).diakses

Sudrajat, A. (2014). Tinjauan Kriminologis Terhadap Kejahatan Pertambangan Tanpa Izin di Kabupaten Gowa. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Syamsuddin. (2019, Oktober 18). Dampak Lingkungan. (Aswan, Interviewer)

Syamsuddin. (2019, Oktober 18). Sarana dan Prasarana Usaha Tambang. (Aswan, Interviewer)

Syamsuridhawati. (2009). Pekerja Tambang Nikel Pada PT. Inco Sorowako Studi Sejarah Tentang Perubahan Sosial (1978-1997). Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Tajuddin. (2019, November 23). Sikap Masyarakat Terhadap Berdirinya Usaha Tambang. (Aswan, Interviewer)

Uppi. (2019, Oktober 10). Perusahaan Tambang. (Aswan, Interviewer)


Article Metrics

Abstract view : 621 times | PDF view : 399 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aswan Aswan, Najamuddin Najamuddin, Bahri Bahri

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail amirullah8505@unm.ac.id

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.