Pemberian Kuis Berbasis Media Android dengan Aplikasi Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X IIS 3 SMAN 9 Gowa

Agustina Agustina(1*), Patahuddin Patahuddin(2), Bustan Bustan(3),

(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pemanfaatan teknologi dalam berbagai bidang telah dikembangkan dengan berbagai aplikasi yang mendukung dalam penggunaannya, misalnya pemanfaatannya dalam media pembelajaran maupun media evaluasi atau kuis pembelajaran. Pemberian kuis pembelajaran sejarah di SMAN 9 Gowa masih menggunakan metode yang bersifat konvensional berupa kuis dalam bentuk kertas maupun kuis dalam bentuk tanya jawab langsung, sehingga menyebabkan peserta didik kurang antusias dalam bersemangat dan bersikap jujur dalam pengerjaan kuis dikarenakan media yang digunakan terkesan menonton dan tidak bervariasi. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sejarah peserta didik Kelas X IIS 3 SMAN 9 Gowa sebelum pemberian kuis berbasis media android dengan aplikasi Kahoot! dan setelah pemberian kuis berbasis media android dengan aplikasi Kahoot!. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing terdiri dari 3 kali pertemuan yang dilakukan dalam empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; (4) refleksi tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS 3 SMAN 9 Gowa pada Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah peserta didik 32 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes peserta didik pada siklus I sebelum pemberian kuis berbasis media android dengan aplikasi Kahoot! dengan skor rata-rata yakni 51,65 berada pada kategori rendah. Sedangkan, hasil tes peserta didik pada siklus II setelah pemberian kuis berbasis media android dengan aplikasi Kahoot! dengan skor rata-rata 76 berada pada kategori tinggi. Beradasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pemberian kuis berbasis media android dengan aplikasi Kahoot! dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik Kelas X IIS 3 SMAN 9 Gowa dengan skor rata-rata peningkatan 24,44.


Keywords


Pemberian Kuis, Pembelajaran Sejarah, Aplikasi Kahoot!

Full Text:

PDF

References


Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2010). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dewi, C. K. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Komaruddin, M. S. (2010). Landasaran Pendidikdan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT RajaGrafindi Persada.

Mafruhah, S., Sulistiani, I. R., & Mustafida, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi (Kahoot) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI DI SMAI Al-Mararif Singosari Malang. Pendidikan Islam , 23-29.

Mashuddin, F. (2010). Pengarruh Metode Pembelajaran Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar IPS Sejarah Kelas VII SMP Negeri 1 Bajeng Kabupaten Gowa. Makassar: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.

Rasydiana, Hanafi, Y., & Huda, I. S. (2019). Pengembangan Tes Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Aplikasi Kahoot di MTsN 2 Kota Malang. Kreatifitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia , 437-447.


Article Metrics

Abstract view : 639 times | PDF view : 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Agustina Agustina, Patahuddin Patahuddin, Bustan Bustan

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail amirullah8505@unm.ac.id

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.