Peningkatan Motivasi Belajar Sejarah Melalui Metode Listening Group Berbantuan Video Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI IIS A SMA Negeri 5 Soppeng Tahun Ajaran 2019/2020

Herana Herana(1*), Patahuddin Patahuddin(2), Jumadi Jumadi(3),

(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian Peningkatan Motivasi Belajar Sejarah Melalui Metode Listening Group Berbantuan Video pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI IIS A SMA Negeri 5 Soppeng Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh H. Patahuddin dan Jumadi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik Kelas XI IIS A SMA Negeri 5 Soppeng pada Mata Pelajaran Sejarah melalui penerapan model pembelajaran listening group berbantuan video. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI IIS A SMA Negeri 5 Soppeng pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah peserta didik 24 orang, yakni terdiri dari 10 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Siklus I dilaksanakan 3 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 3 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan lembar observasi. Penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar sejarah peserta didik setelah penerapan model pembelajaran listening group berbantuan video, yaitu pada siklus I menunjukkan bahwa skor rata-rata motivasi belajar peserta didik yakni 69,17% berada pada kategori sedang. Siklus II menunjukkan skor rata-rata motivasi belajar peserta didik sebesar 80,58% berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran listening group berbantuan video dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik Kelas XI IIS A SMA Negeri 5 Soppeng.


Keywords


Motivasi Belajar, Listening Group, SMAN 5 Soppeng

Full Text:

PDF

References


Anni, C. T. (2006). Psikologi Belajar. Semarang : UPT UNNES Press.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran : Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media .

Dimyati. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Hartono, R. (2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: Diva Press.

Hendriana, H. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: PT Refika Aditama.

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mudjiono. (2002). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Pupuh Fathurrohman, S. (2007). Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Umum dan Konsep Islami. Bandung: Redika Aditama.

Purwanto, M. N. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sibermanl, M. (2007). Active Learning: 10 1Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.

Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 673 times | PDF view : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Herana Herana, Patahuddin Patahuddin, Jumadi Jumadi

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail amirullah8505@unm.ac.id

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.