Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Etmodo Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA
(1) Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta.
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Etmodo Pada mata pelajaran sejarah di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode kuantitatif tipe One Group Pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes Hasil belajar materi Revolusi Dunia menggunakan aplikasi Edmodo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Blended Learning berbasis Etmodo efektif dalam meningkatkan kemampuan untuk memahami Mata pelajaran Sejarah Materi Revolusi Dunia. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan tabel 8.7> 1.67, karena t> tabel>, Blended Learning berbasis Etmodo efektif dalam meningkatkan keterampilan pemahaman materi Revolusi Dunia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andi, Nuriah, T., & Winarsih, M. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di SMA Pondok Karya Pembangunan Jakarta Timur Penelitian dilaksanakan di SMA Pondok Karya Pembangunan Jakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(1), 50–58.
Bibi, S. (2015). Efektivitas Penerapan Blended Learning Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, (1), 274–286.
Creswell, J. . (2012). Education research, planning, conducting and evaluating quantitative and qualitative research. Boston: Pearson.
Mardikaningtyas, D. A., Ibrohim, & Suarsini, E. (2016). Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016, Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP dengan Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang Malang, 26 Maret 2016. Prosiding Seminar Nasional II 2016, Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP Dengan Pusat Studi Lingkungan Dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiya Malang, (1),10191028.Retrievedfromhttps://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=33&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiGn6mWxNDWAhXMq48KHbrbAVsQFgi7AjAg&url=http%3A%2F%2Fresearchreport.umm.ac.id%2Findex.php%2Fresearchreport%2Farticle%2Fdownload%2F631%2F841&usg=AOvVaw3CfSinqbiQAHB
Putra, iIlham E. (2014). Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui. Jurnal Teknoilogi Informasi, 1(2), 1–6.
Sandi, G. (2005). Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 241–251.
Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Article Metrics
Abstract view : 520 times | PDF view : 47 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Andi Andi
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
PUBLISHED BY :
Prodi Pendidikan Sejarah
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Makassar
Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail amirullah8505@unm.ac.id
Attoriolong INDEXED BY
LICENSED BY :
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.