Nilai Pendidikan Karakter Antikorupsi dalam Kearifan Lokal Masyarakat Ammatoa dan Masyarakat Baduy

Agussalim Agussalim(1*),

(1) Madrasah Aliyah Negeri 2 Bulukumba, Sulawesi Selatan
(*) Corresponding Author



Abstract


Kearifan lokal Masyarakat Ammatoa dan Mayarakat Baduy mengandung nilai-nilai pendidikan karakter di antaranya kesederhanaan dan kejujuran. Nilai inilah yang harus dikembangkan sejak awal kepada peserta didik karena sesunguhnya secara fitrah mereka telah dianugerahi sifat sederhana dan jujur. Hanya saja lingkungan banyak merubah karakter asli mereka, sehingga diperlukan upaya yang disebut pendidikan karakter. Dan salah satu proses penting dalam pendidikan karakter adalah dengan mengeksplorasi kembali nilai-nilai kearifan lokal utamanya tentang kesederhanaan dan kejujuran.


Keywords


Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, Anti Korupsi, Ammatoa, Baduy

Full Text:

PDF

References


Akib, Y. (2008). Ammatoa, komunitas berbaju hitam. Pustaka Refleksi.

Indonesia, K. B. B. (2008). Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas.

Kumorotomo, W. (1992). Etika administrasi negara. Rajawali Pers.

Putra, A. H., Ratya, A., & Suhartini, S. (2015). The Evaluation of Indonesia Import Policies of Garlic. Greener Journal of Business and Management Studies. https://doi.org/10.15580/gjbms.2015.1.081414329

Rinaldi, T., Purnomo, M., & Damayanti, D. (2007). Memerangi Korupsi Di Indonesia Yang Terdesentralisasi Studi Kasus Penanganan Korupsi Pemerintahan Daerah. Justice for the Poor Project World Bank. Memerangi_Korupsi_dprd. Pdf.

Sartini, N. W. (2009). Menggali nilai kearifan lokal budaya Jawa lewat ungkapan (Bebasan, saloka, dan paribasa). Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(1), 28–37.

Sulistiyani, A. T. (n.d.). Korupsi Sebagai Perilaku Sosial dan Perilaku Formal yang Menyimpang. Pemberantasan Korupsi di Indonesia, 123.

Yusuf, M. (2013). Korupsi dan Integritas Publik: Perspektif Nilai Budaya Bugis dan Al-Qur’an. PILAR: Jurnal Ilmu-Ilmu Agama Kontemporer, 2(2).


Article Metrics

Abstract view : 476 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Agussalim Agussalim

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail amirullah8505@unm.ac.id

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.