PERAN POST TEST TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI 11 MAKASSAR

Nurul Hikmah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.3160

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) bagaimana peran post-test terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran sosiologi siswa 2) kendala apa yang dihadapi pada peran post-test terhadap motivasi belajar  pada mata pelajaran sosiologi siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling dengan karakteristik informan guru yaitu yang mengajar mata pelajaran sosiologi dan guru yang menggunakan post-test di SMA Negeri 11 Makassar. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi/penegasan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peran post test terhadap motivasi belajar sosiologi siswa di SMA Negeri 11 Makassar terbagi atas dua yaitu post-test sebagai sarana mendorong siswa agar lebih giat belajar, dan post-test sebagai tolak ukur keberhasilan program pembelajaran. 2) kendala yang dihadapi pada peran post-test dalam memotivasi belajar siswa di SMA Negeri 11 Makassar dikarenakan oleh konsentrasi siswa dalam proses belajar, alokasi waktu yang direncanakan guru untuk melakukan post-test tidak sesuai, dan tidak adanya reward/ganjaran baik yang bersifat positif maupun negative (berupa sanksi atau lainnya) ketika selesai melakukan post test.

 

Kata kunci : Post-test, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 209 times | PDF view : 91 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.