EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 SINJAI UTARA

Ibrahim Arifin(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.2530

Abstract


Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah, untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Sinjai Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode eksperimen digunakan untuk mengetahui efektifitas penggunaan Media Pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar dan siswa di SMA Negeri 1 Sinjai. Desain eksperimen yang digunakan adalah Pre-Experimental. Adapun jenis desain yang digunakan oleh peneliti adalah One Group Pretest and One Group Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai pretest lebih rendah dari nilai posttest. Ini memperlihatkan sebelum penggunaan Media Pembelajaran dalam proses belajar mengajar nilai rata-rata siswa hanya sebesar 57,13 yang berada dalam kategori cukup. Namun setelah memberikan perlakuan dengan menggunakan Media Pembelajran nilai rata-rata siswa pada posttest menjadi 78,01 yang berada pada kategori baik. Sehingga, terdapat peningkatan yaitu sebesar 36.54%. Hal ini membuktikan, penggunaan Media Pembelajaran pada mata pelajaran sosiologi effektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi

 

Kata Kunci: Media pembelajaran, hasil belajar, sosiologi, pre-eksperimental 


Article Metrics

Abstract view : 848 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.