ANALISIS KURANG BERFUNGSINYA PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGATASI PENYIMPANGAN SOSIAL SISWA DI SMA NEGERI 1 TURATEA

Nurlaelah .(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v3i2.2379

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kurang Berfungsinya Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mengatasi Penyimpangan Sosial Siswa SMA Negeri 1 Turatea. Jenis penelitian ini kualitatif dengan penentuan informan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu siswa yang pernah yang melakukan penyimpangan 5 orang, guru 10 orang, orang tua siswa 5 orang dan tokoh masyarakat Turatea 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analsis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisiplaykan data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Gambaran penyimpangan sosial siswa di SMA Negeri 1 Turatea yaitu merokok, membolos, memalak, berkelahi terlambat masuk sekolah, meminum-minuman keras dan konsumsi obat-obatan. 2) Faktor penyebab kurang berfungsinya peran guru dan orang tua dalam mengatasi penyimpangan sosial siswa yaitu karena faktor internal guru yang tidak memahami latar belakang orang tua siswa dan karakter psikologis siswanya, dan faktor eksternal yang dilihat dari aspek tindakan guru yang lebih cenderung pada tindakan represif atau penanganan sesaat pasca terjadinya penyimpangan siswa di SMA Negeri 1 Turatea. serta dipengaruhi juga dari lingkungan keluarga yaitu orang tua yang otoriter, memanjakan anaknya, dan acuh tak acuh terhadap anaknya.
Kata Kunci: Penyimpangan Sosial Siswa


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 194 times | PDF view : 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.