FAKTOR – FAKTOR YANG MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK REMAJA (STUDI KASUS DI DESA LENGKONG KECAMATAN BUPON KABUPATEN LUWU SULAWESI SELATAN)

Indah Permatasari(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v2i1.2319

Abstract


Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sasaran penelitian adalah orang tua, lingkungan masyarakat, serta pemerintah dan lebih khususnya adalah keadaan anak remaja di Desa Lengkong Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu, baru menentukan berapa informan yang dapat mewakili atau dianggap cukup untuk mendapatkan data anak remaja yang akurat serta pembinaan orang tua, masyarakat lingkungan serta pemerintah. Adapun penentuan informan sebagai berikut informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membentuk kepribadian anak di Desa Lengkong masih perlu pembinaan dari orang tua, masyarakat serta pemerintah agar anak-anak yang ada di Desa Lengkong memiliki kepribadian yang lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari terbentuknya sikap- sikap anak di Desa Lengkong dalam menjalani tugas dan kewajibannya dengan baik. Proses pembentukan kepribadian anak di Desa Lengkong yaitu membentuk kehidupan beragama dengan cara menyuruh anak untuk aktif mengikuti pengajian di mesjid. Aktif dalam organisasi, Gotong royong serta memberikan dorongan dan motivasi sesuai dengan bakat yang dimiliki oleh seorang anak. Serta Faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian seorang anak remaja di Desa Lengkong Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu adalah pengaruh lingkungan, kenakalan sebagian anak remaja, ekonomi, kurangnya pemahaman agama serta adat istiadat yang berlaku di dalam masyrakat juga kurang perhatian orang tua, masyarakat lingkungannya untuk menanamkan rasa disiplin dalam pembentukan kepribadiaan anak di Desa Lengkong, serta pemerintah setempat untuk lebih memperhatikan pendidikan anak yang ada di Desa Lengkong karena mengingat banyaknya anak-anak yang putus sekolah, di mana pendidikan merupakan salah satu hal penting dalam membina kepribadian anak.
Kata kunci: Kepribadian dan Anak Remaja


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 5154 times | PDF view : 744 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.