Efektivitas Media Animasi Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika dan Retensi Pada Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Sengkang

Haeruddin Azis, Muhammad Arsyad, Jasruddin Jasruddin

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan retensi siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Sengkang  melalui penerapan media animasi pembelajaran fisika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Sengkang Tahun Pelajaran 2018/2019 Semester ganjil sebanyak 31 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas empat komponen yaitu : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes ingatan jangka pendek siswa, tes ingatan jangka panjang siswa, ujian tulis  dan lembar observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) 25 orang (80,6 %) mencapai skor 68 (KKM) untuk tes pemahaman konsep pada siklus I, dan terjadi peningkatan pencapaian skor KKM pada siklus II, yakni sebanyak 30 orang (96,8 %) ; (2) untuk ingatan jangka pendek sebanyak 29 orang (93,5%) mencapai kategori tinggi (> 50%) pada siklus I dan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu sebanyak 30 orang (96,8%) yang mencapai ingatan jangka pendek kategori tinggi ; (3) untuk ingatan jangka panjang terdapat 23 orang (74,2%) yang mencapai kategori tinggi (> 20%) pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 26 orang (83,9%)

Kata Kunci: PTK, Animasi Pembelajaran Fisika, Pemahaman Konsep, Retensi

 

This study is a Classroom Action Research which aims to improve understanding of the physics concept and retention of class X students of Madrasah Aliyah Muhammadiyah Sengkang through the aplication of physic learning animation media. The subject of this study was the the tenth grade students of Madrasah aliyah Muhammadiyah Sengkang 2018/2019 academic year odd semeter as many as 31 students. This research was carried out in two cycles, each cycle consist of four component, namely : action planning, action implementation, observation and reflection. Data collection techniques used are short-term memory test of students, student’s long-term memory tests, written tests and observation sheets. The results obtained from this study are as follows : (1) 25 peoiple (80,6%) achieved a score of 68 (KKM) for the concepts comprehension tests in first cycle, and there was an increase in the achievement of KKM score in second cycle, as many as 30 people (96,8%) ; (2) For short-term memory as many aqs 29 people (93,5%) reched the high category (>50%) in the first –cycle, and there was an increase in the second cycle as many as 30 people (96,8%) who achieved high-category short-term memory; (3) For long-term memory there were 23 people (74,2%) who achieved a high category (>20%) in the firs cycle and increase in the second cycle to 26 people (83,9%)

Keywords: CAR, Physic Learning Animation Media, Concept Learning, Retention


Full Text:

PDF

References


Aksela, M. 2005. Supporting Meaningful Chemistry Learning and Higher-order Thinking through Computer-Assisted Inquiry: A Design Research Approach. E – Dissertation. Helsinky: Faculty of Science University of Helsink

Arief S. Sadiman, dkk. 1990. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: CV. Rajawali

Arikunto, Suharsimi et al, 2007, Penelitian Tindakan Kelas, PT.Bumi Aksara , Jakarta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Atwi Suparman. 1997. Model-Model Pembelajaran Interaktif, Jakarta, STIA – LAN, 1958

Bloom, B.S. 2001. Taxonomy of Educational Objectives, The Classification of Educational Goals. Handbook I. Cognitive Domain. New York: David Mckay Company, Inc

Chang T et al, Enhancing Learning Experience With Dynamic Animation, Dept.of Electrical & Computer Engineering,New Jersey Institute Of technology, NJ 07102Coon D, 1983, Introduction to Physiology, Exploration and Aplication, 3nd.ed. St.Paul: West Pub.Co. available from openlibrary.org, Internet Archieve at april 18, 2018

Dahar, Ratna Wilis (1996). Teori – Teori Belajar & Pembelajaran, Jakarta: Erlangga

Exline, J. 2004. Workshop: Inquiry - Based Learning. Diambil dari website Concept to Classroom pada 18 April 2018 : www.thirteen.org/edonline/concept2class/inquiry

Firman, H. 2000. Penilaian Hasil Belajar dalam Pengajaran Kimia. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI

Fleming,Malcom & V.Howard Levie. 1981. Instructional Mesage Design: Principle from the Behavioral Sciences, New Jersey: Educational Technology Publication

Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan: Pendekatan Terpadu Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Irawan P,1997, Teori Belajar, dalam Teori Belajar,Motivasi,dan Keterampilan Mengajar, DIRJEN DIKTI DIKBUD, Jakarta..

Kokkonen, T. 2017. Concepts and Concept Learning in Physics, The Systemic View . Finland: Departement of Physics, Faculty of Science University of Helsinki.

O’Day DH,2007, The Value Of Animations in Biology Teaching : A Study of Long –Term Memory Retention, CBE-Life Science Education,vol.6,217-223.

Mayer, Richard E, (2003). The promise of multimedia learning: using the same instructional design methods across different media. Learning and Instruction 13 (2003) 125 – 139.Retrieved from www.elsevier.com/locate/learninstruc at april 18 2018.

Mustafa Z. 2009. Mengurai Variabel hinggaInstrumentasi, Yogyakarta: Graha Ilmu

Nasution , 2006, Berbagai Penekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanaky.H. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya


Article Metrics

Abstract view : 6 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.