Pengaruh Penggunaan Teknik Pembelajaran Window Shopping Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMP Negeri 9 Parepare Kota Parepare

Hairil Hairil

Abstract


Peneliatian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design.  Desain ini terdiri atas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol  yang tidak dipilih secara random, dengan tujuan  (1) mendeskripsikan hasil belajar Fisika kelompok yang diajar menggunakan teknik Window Shopping pada peserta didik SMP Negeri 9 Parepare, (2) mendeskripsikan hasil belajar Fisika kelompok yang diajar tanpa menggunakan teknik Window Shopping pada peserta didik SMP Negeri 9 Parepare, dan (3) menganalisis perbedaan yang signifikan antara hasil  belajar Fisika kelompok yang diajar menggunakan teknik Window Shopping dan tanpa menggunakan teknik Window Shopping pada peserta didik SMP Negari 9 Parepare. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII  SMP Negeri 9 Parepare yang tersebar di 9 kelas berjumlah  285  dan menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.3 dengan jumlah peserta didik 31 orang  dan kelas VIII.2  dengan jumlah peserta didik 32 orang. Pengumpulan data menggunakan tes dan non-tes. Pengujian hipotesis dilakukan  dengan taraf signifikan 5 persen. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) hasil belajar Fisika peserta didik pada pembelajaran teknik Window Shopping berada pada level kategori tinggi, (2) hasil belajar Fisika  peserta didik tanpa menggunakan teknik pembelajaran Window Shopping berada pada kategori tinggi dan sedang, (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan teknik pembelajaran Window Shopping dan tanpa menggunakan menggunakan teknik Window Shopping, (4) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara hasil belajar Fisika peserta didik yang diajar menggunakan teknik Window Shopping dan diajar tanpa menggunakan teknik Window Shopping.

Kata Kunci : Pembelajaran Window Shopping, Hasil Belajar.

The influence of using Window Shopping technique to learning result of Physics in SMP Negeri 9 Kota Parepare. This research was kuasi experiment which using nonequivalent control group design. this design consist of experiment group and controlled group that was not choosing randomly, the significance of the research were (1) describing the learning result of group Physics that taught by using window Technique Shopping to students of SMP Negeri  9 Parepare,  (2) describing the learning result of group Physics that taught without using window technique shopping to students of SMP Negeri 9 Parepare, (3) analysis the significance differences between the learning result of group physics which taught by using Window Shopping technique and without using Window Shopping technique to students of SMP Negeri 9 parepare. The population of this research were all of the second grade students of SMP Negeri 9 Parepare which consist 0f 9 class with number of students 285 and the sample of this research were VIII.3 with number of students 31 and VIII.2 with number of students 32. in collecting the data the research using test and non-test. the hypothesis testing using 5 percen tage significance level. The analysis result showed that (1) the learning result of group physics that using Window Shopping technique was in high classification, (2) the learning result of group physics without using window shopping technique were in high and medium classification, (3) there was the significance differences of the learning result between using and without using the window shopping technique, (4) there was the significance of difference influence of the learning result of physics group that taught by using window shopping technique and without using window shopping tecnique.

Keywords: Window Shopping Technique to Learning, Result of Physics

Full Text:

PDF

References


Arnita Cahya Saputri, Sajidan Sajidan, Yudi Rinanto (2017). Identifikasi Keterampilan Berfikir Kritis Peserta didik Dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Window Shopping. Surakarta.

Rahma, W. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Kooperatif Window Shopping Terhadap Partisipasi Bimbingan Konseling Klasikal. Vol 2, 2 April 2017.

Santrock, J. W. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiono. ( 2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitaf, Kualititaf, dan R& D. Bandung : Alfa Beta.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers

Sri Anggriani. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 9 Parepare. Pasca Sarjana UNM.

USAID. (2013). Modul Pelatihan Praktik Yang Baik untuk SMP/MTS. I.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPA SMP/MTS. Jakarta: Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, (2017). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Jakarta: Kemdikbud.


Article Metrics

Abstract view : 30 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.