Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing dalam Mata Pelajaran IPA-Fisika terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Analitias Peserta Didik

Zainal Abidin

Abstract


Salah satu kecakapan yang dibutuhkan di abad 21 sekaligus menghadapi tantangan global adalah kemampuan  berpikir tingkat tinggi atau higher orther tihinking skilss (HOTS). Sementara itu didapatkan  bahwa kelemahan serius yang dialami peserta didik Indonesia adalah kelemahan kemampuan dalam teori, analisis, dan pemecahan masalah yang merupakan bagian dari keterampilan berpikir tingkat tinggi. Masalah yang sama dialami pula oleh peserta didik SMP Negeri 11 Parepare. Sementara itu, kajian berbagai referensi menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing akan menfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir analitis. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) seberapa besar keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Parepare tahun pelajaran 2018/2019 yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, (2) seberapa besar keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Parepare yang diajar secara konvensional dan (3) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Parepare? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Parepare tahun pelajaran 2018/2019 yang diajar dengan model inkuiri terbimbing, (2) mendeskripsikan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Parepare tahun pelajaran 2018/2019 yang diajar secara konvensional, dan (3) menganalisis pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap  keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Parepare tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen desain true experimental bentuk Postes Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Tes digunakan untuk mendapatkan data mengenai  keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir analitis peserta didik. Teknik non tes digunakan untuk mendapatkan data tentang keterlaksanaan model pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Berpikir Analitis.

 

One of the skills needed in the 21st century and at the same time facing global challenges is the ability to think higher or higher leveling skills (HOTS). While it was found that the serious weaknesses experienced by Indonesian students were weaknesses in ability in theory, analysis, and problem solving which are part of higher-order thinking skills. The same problem is experienced by students of SMP Negeri 11 Parepare. Meanwhile, various reference studies show that guided inquiry learning models will facilitate students to develop science process skills and analytical thinking skills. Therefore, the formulation of the problem in this study are: (1) how much science process skills and analytical thinking skills of students of class VIII SMP Negeri 11 Parepare in 2018/2019 school year taught with guided inquiry learning model, (2) how much process skills the science of the eighth grade students of SMP Negeri 11 Parepare who were taught conventionally and (3) were there any influences of guided inquiry learning models on science process skills and analytical thinking skills of the eighth grade students of SMP Negeri 11 Parepare? This study aims to: (1) describe the science process skills and analytical thinking skills of students of class VIII of SMP Negeri 11 Parepare in the 2018/2019 academic year taught by guided inquiry models, (2) describe science process skills and analytical thinking skills of class students VIII SMP Negeri 11 Parepare 2018/2019 academic year taught conventionally, and (3) analyzing the influence of guided inquiry learning model on science process skills and analytical thinking skills of students of class VIII 11 Parepare Middle School in 2018/2019 academic year. This research is a true experimental design experiment in the form of Postes Only Control Design. Data collection was carried out using test and non-test techniques. The test is used to obtain data about the science process skills and students' analytical thinking skills. Non-test techniques are used to obtain data about the implementation of guided inquiry-based learning models.

Keywords: Guided Inquiry-Based Learning Model, Science Process Skills, Analytical Thinking  Ability.


Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. 2017. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP SMP/MTs VIII. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemendikbud

Krathwohl, D. R. 2002. A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview, Theory Into Practice, Vol. 41, Number 4, 212-218

Rasulun Iman, Ibnu Khaldun, Nasrullah. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05 No.01, 52-58

Rismawati, Iriwi L.S Sinon, Irfan Yusuf, Sri Wahyu Widyaningsih, 2017. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Keterampilan Proses Peserta Didik di SMK Negeri 02 Manokwari. Lectura: Jurnal Pendidikan vol. 8, No.1

Siti Maisarah, Adlim, Yusrizal.2015. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar pada Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 03. No.1 218-219.

Suci Yeritia, Wahyudi, Satutik Rahayu. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X SMA I Kuripan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 181-187.

Sugiyono. 2017 . Metode Penelitian Pendidikan. (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 49 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.