Pembelajaran Program Khusus Orientasi Mobilitas Bagi Peserta Didik Tunanetra di Sekolah Luar Biasa
(1) yogyakarta state university
(2) yogyakarta state university
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i1.5778
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran program khusus orientasi mobilitas bagi peserta didik tunanetra di SLB PGRI Sentolo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu satu guru orientasi mobilitas dan peserta didik tunanetra. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduction, data display, and conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahap persiapan dilakukan dengan melakukan asesmen, menyusun silabus dan menyusun RPP. Pelaksanaan dilakukan meliputi tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan berisi kegiatan memotivasi, memusatkan perhatian dan mengetahui kemampuan yang telah dikuasai. Pada kegiatan inti, guru sering menggunakan metode ceramah dan praktik. Guru menggunakan media benda sekitar. Pada proses pembelajaran bahan ajar belum digunakan secara optimal. Pada kegiatan penutup dilakukan penilaian. Pada tahap evaluasi, guru melakukan evaluasi formatif pada proses pembelajaran dan setelah pembelajaran. Evaluasi dilakukan dengan observasi dan tes praktik. Rekomendasi penelitian selanjutnya yaitu dapat melakukan upaya intervensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran seperti melakukan inovasi pada media, bahan ajar, dan penilaian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambarita, Alben. (2006). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Friend, M & Bursick, W.D. (2012).Including Student with Special Needs: A Practical Guide for Classroom Teacher. Sixth Edition. USA:Pearson
Gargiulo, R. M & Kilgo, J. L. (2005). Young Children with Special Needs. Second Edition. USA: Delmar Cengage Learning
Hidayat, A.AS. & Suwandi, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Bandung: Luxima.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud No.81 A tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2014). Program Pengembangan Kekhususan: Pedoman Pengembangan Orientasi Mobilitas, Sosial Dan Komunikasi untuk Peserta Didik Tunanetra.Jakarta: Kemendikbud.
Magalhaes, A.T., Sankako, A.N. & Braccialli, L. MP. (2014). Strategies Used By Children’s Education Teacher for Orientation and Mobility of the Visually Impaired Student. British Journal of Visual Impairment. 32, 157-169.
Majid, Abdul. (2012). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mumpuniarti. (2003). Ortopedagogik Tunagrahita. Yogyakarta: FIP UNY
Ratnasari & Pamuji. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Orientasi Mobilitas Anak Tunanetra di Pendidikan Khusus Negeri Seduri Mojosari. Jurnal Pendidikan khusus. 1-11
Riyana, Cepi. (2009). Komponen-komponen pembelajaran. Modul 6. Bandung UPI.
Rudiyati, S. (2002). Pendidikan Anak Tunanetra. Yogyakarta: FIP UNY.
Smith, D. D. & Tyler, N.C. (2010).Introduction to Special Education. London: Pearson
Sudijono, Anas. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan Edisi 7. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Turnbull, A., Turnbull, R., Wehmeyer, M. L., & Shogren, K. A. (2013). Exceptional Lives: Special Education In Today’s Schools.Seventh Edition. USA: Pearson..
Widjaya, A. (2013). Seluk Beluk Tunanetra dan Strategi Pembelajarannya. Yogyakarta: Javalutera
Article Metrics
Abstract view : 1836 times | PDF view : 698 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 anita yudhiastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Diterbitkan Oleh
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar
Email : pembelajar@unm.ac.id
Contak HP: 085299149118 / 081342252446
Pembelajar terindex oleh:
Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)