PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 DUAMPANUA (Studi Pada Materi Pencemaran Lingkungan)

Hariyani S(1*), Sudarto Sudarto(2), Abdul Mun'im(3),

(1) SMK DDI Kaballangan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i2.9679

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar IPA peserta didik. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2017 di SMP Negeri 1 Duampanua. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi-Eksperimen. Sampel diambil dua kelas, menggunkan random sampling dan dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda dengan skor 0-1 sebanyak 25 soal dan 4 pilihan jawaban. Hasil penelitian ini diuji dengan melalui statistik uji “t”. Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai t hitung sebesar 2,70 ternyata lebih besar dari t tabel sebesar 1,67 pada taraf signifikan α= 0,05. Sehingga Hipotesis Alternatif (Ha) yang menyatakan hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Duampanua yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi daripada hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Duampanua dibelajarkan dengan model pembelajaran  konvensional diterima. Dengan kata lain model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap hasil Belajar IPA peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Duampanua.

Full Text:

PDF

References


Amanda, N. W. Y. Subagia, I. W. Tika, I. N. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Self Efficacy Peserta didik. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Vol. 4

Andana. E, Raga.Gd, Sudana. N. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas IV SD Di Gugus V Kecamatan Tegallalang. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Gan zesha Jurusan PGSD. Vol. 2

Asih. W. W & Eka. S. 2013. Metodologi Pembelajaran IPA Disesuaikan dengan Pembelajaran Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Jagantara, W. Adnyana, B. Widiyanti, M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta didik SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4

Oktaviana, E. 2011. Pengaruh Model Peembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendekatan Jelajah Alam Sekitar terhadap Kemampuan Berpikir kritis dan Hasil Belajar Materi Pengelolaan Lingkungan. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Rahmawati, D. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik (Studi Quasi Eksperimen di SMPN 48 Jakarta). Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta

Sastrika, Sadiah & Mudewayan. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Vol. 3

Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitaf kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Susilowati, Iswari. S. R, Sukaesih. S. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia. Unnes.J.Biol.Educ. Vol. 2 (1)


Article Metrics

Abstract view : 416 times | PDF view : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.