PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI POKOK BAHASAN KEBUDAYAAN PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 11 MAKASSAR KOTA MAKASSAR

Patahuddin Patahuddin(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.3161

Abstract


Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ). Pelaksanaan tindakan dilalakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus melalui 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 11 Makassar kota Makassar sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 21 laki-laki dan 19 perempuan, tahun ajaran 2015/2016 semester genap pada mata pelajaran sosiologi pokok bahasan kebudayaan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi pokok bahasan kebudayaan pada siswa kelas XI IPS 1 SMA negeri 11 Makassar Kota Makassar. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis kuantitatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sosiologi pokok bahasan kebudayaan pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 11 Makassar Kota Makassar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  : Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan adalah 57,12 sedangkan nilai presentase ketuntasan hanya 17,5 %. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 75,98 sedangkan Nilai presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 60 %, namun setelah dilakukan perbaikan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar 85,12 sedangkan nilai presentase ketuntasan hasil belajar sudah mencapai 92,5 %, sesuai dengan kriteria ketuntasan hasil belajar sosiologi yang ditetapkan di SMA Negeri 11 Makassar yaitu 76 secara individu dan 85 % secara klasikal dari jumlah keseluruhan siswa. Jadi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada mata pelajaran sosiologi pokok bahasan kebudayaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 11 Makassar. Berdasarkan hasil tersebut maka, hipotesis tindakan pada penelitian ini diterima.

Kata kunci: Snowball Throwing, Hasil Belajar,Sosiologi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 246 times | PDF view : 136 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.