PERANAN GURU SOSIOLOGI DALAM MENANAMKAN SOLIDARITAS KEBANGSAAN PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 11 BULUKUMBA KECAMATAN BONTO TIRO KABUPATEN BULUKUMBA

Indra Faizal(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.3150

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peranan guru sosiologi dalam menanamkan solidaritas kebangsaan pada peserta didik di SMA Negeri 11 Bulukumba Kecamatan Bonto Tiro Kabupaten Bulukumba, 2) Faktor yang menghambat guru sosiologi dalam menanamkan solidaritas kebangsaan pada peserta didik di SMA Negeri 11 Bulukumba Kecamatan Bonto Tiro Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini kualitatif dengan penentuan informan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu guru sosiologi, dan siswa kelas X dan XI IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisplaykan data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data  yaitu member chek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peranan guru sosiologi dalam menanamkan solidarits kebangsaan pada peserta didik di SMA Negeri 11 Bulukumba Kecamatan Bonto Tiro Kabupaten Bulukumba yaitu: (a) Melakukan karyawisata yang menekankan aspek kerjasama (b) Menggunakan bahasa indonesia dalam interaksi pembelajaran, dan (c) Pengintegrasian materi pelajaran sosiologi. 2) Faktor yang menghambat peranan guru sosiologi dalam menanamkan solidaritas kebangsaan pada peserta didik di SMA Negeri 11 Bulukumba Kecamatan Bonto Tiro Kabupaten Bulukumba yaitu: (a) Kemajuan teknologi, (b) Adanya kelompok kecil dalam kelas (klik), (c) Perbedaan suku dan budaya,  (d) Lingkungan siswa, dan (e) Kemampuan guru.

 

Keywords: peran guru,  solidaritas kebangsaan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 259 times | PDF view : 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.