Analisis Kadar Tanin Ekstrak Air dan Ekstrak Etanol pada Biji Pinang Sirih (Areca Catechu. L)

Taty Sulastry(1*),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v10i1.401

Abstract


ABSTRAK

Biji Pinang Sirih   (Areca Catechu. L) banyak mengandung komponan senyawa kimia yaitu, tanin alkaloid, lemak, minyak astiri, air dan sedikit gula.Tanin merupakan senyawa yang penting penggunaannya dalam bidang kesehatan dan industry.Tanin diperoleh dengan cara ekstraksi dengan pelarut air dan etanol karena tanin dapat larut dalam pelarut tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar tannin pada biji pinang sirih dengan menggunakan pelarut air dan pelarut etanol. Penelitian ini merupakan eksperimen dengan menggunakan metode ekstraksi. Biji pinang sirih dikeringkan dan dihaluskan lalu diayak. Kemudian serbuk dimaserasi dengan pelarut air dan etanol 96% dengan suhu 50-60 0C selama 5 jam, kemudian dievaporasi dan dicuci dengan petroleumeter, dan selanjutnya uji kualitatif dan penentuan kadar tannin. Hasil penelitian diperoleh kadar tannin dengan menggunakan pelarut air sebanyak 6,45%, dan yang menggunakan pelarut etanol 96% diperoleh sebanyak 8,53%.

Kata Kunci: Ttanin, Pinang sirih

ABSTRAC

Pinang Sirih sedd ( Areca Catechu. L). contains many components of chemical compound i.e. tannins alkaloid, lipid, atsiri oil, water and less sugar. Tannins is important compound for health and industry fields. Tannins is taken by extraction process in water and ethanol as solvent because of its solved in them. This is experiment research by extraction method which aimed to know the tannin concentration of Pinang Sirih seed. Pinang siri seed is dried, refined then sieved. Then powder is macerated by water and by ethanol in 50-60oC fo 5 hours, then evaporated and washed by petroleum ether, qualitative tested and determine the tannin.  The research result is obtained tannin rate by water as solvent are 6.45% and by ethanol are 8,53%.

Keyword: Tannins, pinang sirih


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 15210 times | PDF view : 15960 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id