Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas VIII MTSN Libureng Kabupaten Bone.

Masrida Masrida(1*), Yusminah Hala(2), A. Mushawwir Taiyeb(3),

(1) MTSN Libureng
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/bionature.v17i2.2835

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTsN Libureng Kab. Bone Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen. Sampel penelitian diperoleh secara random kelas dengan membuat lembar undian, saat pengambilan undian terpilih kelas VIIIA sebagai sampel penelitian dengan jumlah 28 peserta didik MTsN Libureng. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu Model  Pembelajaran Discovery dan variabel terikat yaitu keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA. Desain penelitian adalah one group pretets-posttest design. Teknik pengumpulan data adalah tes keterampilan berpikir kritis dan tes hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran Discovery dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII MTsN Libureng Kab. Bone (2) Model pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII MTsN Libureng Kabupaten Bone.
Kata kunci: ModelDiscovery, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 374 times | PDF view : 1367 times

Refbacks



Copyright (c) 2017 bionature



Published By:

Jurusan Biologi 

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makasar

Contact Person

Team Jurnal Bionature
Biology Department, Mathematics and Science Faculty
Universitas Negeri Makassar
Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, 90224 Makassar, Indonesia
Hp: +6288804746717
email: bionature@unm.ac.id 
Website: https://ojs.unm.ac.id/bionature    

 

Creative Commons License
Journal Bionature is licensed under a Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.