Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis E-Learning pada Materi Ekskresi Kelas XI IPA 3 SMAN 4 Makassar
(1) State University Of Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/bionature.v16i1.1566
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Biologi berbasis e-learning menggunakan Joomla dan Wondershare Quiz Creator yang valid, efektif, dan praktis, pada materi sistem ekskresi. Tahap penelitian dan pengembangan mengacu model Gall et al., (2003) yang terdiri atas 5. Subjek penelitian adalah validator, siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 4 Makassar dan guru Biologi SMA Negeri 4 Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan menguji validitas produk, memberikan tes hasil belajar, mengamati aktivitas siswa, mengumpulkan data respon siswa dan guru. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, dengan hasil sebagai berikut: (1) Validitas mendapat kategori valid dari 3 validator; (2) 100% siswa memperoleh skor hasil belajar di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 75 pada Tes Evaluasi; (3) Sebanyak 6 dari 7 aktivitas yang diamati telah memenuhi kriteria keaktifan; (4) Guru dan siswa memberikan respon positif terhadap produk. Berdasarkan hasil penelitian, maka media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid, efektif, dan praktis.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 3274 times | PDF view : 4217 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 bionature
Published By:
Jurusan Biologi
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makasar
Contact Person
Team Jurnal Bionature
Biology Department, Mathematics and Science Faculty
Universitas Negeri Makassar
Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, 90224 Makassar, Indonesia
Hp: +6288804746717
email: bionature@unm.ac.id
Website: https://ojs.unm.ac.id/bionature
Journal Bionature is licensed under a Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.