Media Pembelajaran Anti Korupsi Berbasis Gender untuk Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran Sejak di SD

Lu'mu Taris(1*), Mantasiah R.(2),

(1) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v19i2.3592

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan bertujuan untuk efektivitas impementasi desain media pembelajaran anti korupsi berbasis gender untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran sejak usia dini bagi siswa-siswi Sekolah Dasar. Hasil uji coba desain media pembelajaran anti korupsi berbasis gender untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran sejak usia dini bagi siswa-siswi Sekolah Dasar telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran yang menggunakan permainan kartu, peta permainan, buku panduan penggunaan media. Hasil desain media pembelajaran yang diberi nama Sembilan Nilai atau “SEMAI” sangat memudahkan siswa-siswi untuk lebih cepat memahami norma-norma anti korupsi.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1152 times | PDF view : 628 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pendidikan Insani



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.