ANALISIS MATERI AJAR MEMBACA DALAM BUKU DEUTSCH IST EINFACH

Sri Rahmawati Indah(1*), Nurming Saleh(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i1.5628

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan yang terdapat pada teks dan latihan-latihan  membaca  dalam buku Deutsch ist Einfach yang digunakan di kelas XI Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif data dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks-teks dan latihan membaca dengan tema die Familie dalam buku Deutsch ist Einfach. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analasisis deskriptif. Hasil analisis data penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 4 ( empat ) kategori kesalahan yaitu diksi, tata bahasa, ortografi dan petunjuk kerja latihan dan 17 ( tujuh belas ) kesalahan secara keseluruhan yaitu kosakata, tata bahasa, huruf kapital, diksi, tanda baca dan petunjuk kerja latihan yang terdapat dalam buku Deutsch ist Einfach

Full Text:

PDF

References


Ayuningsih, Faridhotun Dwi. 2012. Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas X A SMK Batik 2 Surakarta, Surakarta. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta. ( Online ) di akses pada tanggal 13 juni 2017 pukul 20:12

Azis, Abdul. 2009. Analisis Kesalahan Berbahasa. Makassar. Badan Penerbit UNM.

Harjanto. 2011. Perencanaan Pengajaran. Jakarta Rineka Cipta

Hastuti, Sri. 2003. Sekitar Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.

Iskandarwassid dan Sunendar,Dadang. 2011. Srategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Jufri, J. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Sastra dan Budaya.

Jufri, J., 2017. Strategi Pembelajaran Bahasa.

Kasim. 2010. Deutsch ist einfach. Jakarta: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Mantasiah, R., Juffri, J., & Yusri, Y. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Jaring Laba-Laba (Webbed) dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman. INSANI, 20(2).

Prastowo, Andi. 2012. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Yogyakarta: Diva Pres.

Qalbi, U. N., Mantasiah, R., Jufri, J., & Yusri, Y. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dalam Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. INSANI, 20(1).

Qudus, M. and Yusri, Y., 2017. Keefektifan Penggunaan Metode Audio Lingual dalam Pembelajaran Kemampuan Menyimak Bahasa Jerman. INSANI, 20(2).

Romadloni, A., & Mantasiah, R. Intercultural approach in foreign language learning to improve students’ motivation. Senior Editors, 61.

Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

Sumantri, Syarif Muhammad. 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarata: PT Raja Grafindo Persada.

Tarigan, Djago dan Lilis Siti Sulstyaningsih. 1996/1997, Analisis Kesalahan Berbahasa. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP setara D-III

Tarigan, H. Guntur . 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henri Guntur dan Djago Tarigan. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.

Yusri, Y., Mantasiah, R., & Jufri, J. 2018. The Use Of Two Stay Two Stray Model in English Teaching to Increase Student’s Learning Outcome. Journal Of Advanced English Studies, 1(1), 39-43.


Article Metrics

Abstract view : 567 times | PDF view : 214 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Eralingua has been indexed by: