PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT BAHASA JERMAN SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH)

Astuti Astuti(1*), Misnah Mannahali(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i1.5625

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis kalimat sederhana siswa melalui model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik penumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua jenis, yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif, yaitu data yang mendeskripsikan proses hasil belajar yang diperoleh melalui observasi. Sedangkan kuantitatif diperoleh dari hasil tes siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata hasil tes siswa pada siklus I adalah 4,64 (66,28%) dan pada siklus II diperoleh nilai rata – rata  siswa 5,97 (85,28%) Hal ini berarti bahwa keterampilan menulis kalimat sederhana bahasa Jerman siswa kelas X Bahasa dan Sastra 2 SMA Negeri 5 Bulukumba menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) mengalami peningkatan

Full Text:

PDF

References


Amalia, mutia nur. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas dan Keliling Bangun Persegi dan Persegi Panjang (diakses dari http://repository.upi.edu pada tanggal 10 Februari 2017 pukul 19.00 WITA).

Aqib, Zainal. 2015. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Fatmawati, Sri. Dkk. 2015. Desain Laboratorium Skala Mini Untuk Pembelajaran Sains Terpadu. Yogyakarta: Publisher.

Komaidi, Didik. 2011. Panduan Lengkap Menulis Kreatif. Yogyakarta: Sabda Media.

Mantasiah, R., Juffri, J., & Yusri, Y. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Jaring Laba-Laba (Webbed) dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman. INSANI, 20(2).

Qalbi, U. N., Mantasiah, R., Jufri, J., & Yusri, Y. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dalam Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1

Bontonompo Kabupaten Gowa. INSANI, 20(1).

Revika. 2016. Penerapan Model Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XI I (diakses dari http://digilib.unila.ac.id pada tanggal 04 Maret 2017 pukul 23.00 WITA).

Romadloni, A., & Mantasiah, R. Intercultural approach in foreign language learning to improve students’ motivation. Senior Editors, 61.

Ruhiyat, Dyah Paradhita. 2014. “Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Penguasaan Nomina Bahasa Jerman”. (diakses dari http://repository.upi.edu pada tanggal 10 Februari 2017 pukul 19.00 WITA).

Sulistiyanti, Vicalia. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Pencapaian Kompetensi Bekerja Secara Tim Mata Pelajaran Pelayanan Prima di SMK N 2 Godean (diakses dari http://eprints.uny.ac.id pada tanggal 10 Februari 2017 pukul 19.00 WITA).

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Taniredja, Tukiran. Faridli, Miftah. Harmianto Sri. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Yusri, Y., Mantasiah, R., & Jufri, J. 2018. The Use Of Two Stay Two Stray Model in English Teaching to Increase Student’s Learning Outcome. Journal Of Advanced English Studies, 1(1), 39-43.

Jufri, J. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Sastra dan Budaya

Jufri, J., 2017. Strategi Pembelajaran Bahasa.

Qudus, M. and Yusri, Y., 2017. Keefektifan Penggunaan Metode Audio Lingual dalam Pembelajaran Kemampuan Menyimak Bahasa Jerman. INSANI, 20(2).


Article Metrics

Abstract view : 771 times | PDF view : 270 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Eralingua has been indexed by: