PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP SISTEM PENGUKURAN KINERJA PADA FAJAR GROUP

Wawan Darmawan(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menguji : (1) pengaruh positif TQM terhadap kinerja manajerial pada Fajar Grup. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif terhadap perusahaan yang tergabung dalam Fajar Grup. Jumlah sampel mempertimbangkan aspek jumlah manajer tingkat menengah untuk tiap-tiap perusahaan, yakni dari 24 perusahaan ditetapkan sebanyak 58 responden. Oleh karena jumlah anggota populasi relatif kecil, seluruh anggota populasi akan dijadikan sebagai sampel dengan ukuran sampel dalam penelitian ini sebanyak 58 orang. Dengan demikian, penelitian ini termasuk penelitian populasi atau sensus. Pengukuran dilakukan secara kuantitatif. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) TQM berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial pada Fajar Grup; (2) sistem pengukuran kinerja berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial pada Fajar Grup; (3) interaksi TQM dengan sistem pengukuran kinerja mempengaruhi kinerja manajerial pada Fajar Grup. Implikasi dari hasil penelitian ini bahwa perusahaan membutuhkan sebuah system akuntansi manajemen untuk memotivasi perilaku manajer dengan berbagai cara yang memaksimumkan daya saing organisasi. Apabila perusahaan menggunakan TQM, akan mengurangi biaya operasi dan meningkatkan penghasilan sehingga laba semakin meningkat. Para manajer akan lebih termotivasi untuk meningkatkan kinerja manajerial mereka jika menerima pengukuran kinerja yang tinggi dalam bentuk informasi yang diperlukan, yang memberikan umpan balik untuk perbaikan dan pembelajaran.

Kata Kunci : Total Quality Management, Kinerja Manajerial, Sistem Pengukuran Kinerja


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 369 times | PDF view : 654 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.