PENGARUH BAURAN PEMASARAN PRODUK P.T. BANK BUKOPIN SYARIAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI KOTA MAKASSAR

Ilham .(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah : (1) apakah terdapat pengaruh bauran pemasaran produk pada P.T. Bank Bukopin Syariah terhadap kepuasan nasabah; (2) faktor mana yang lebih dominan dari bauran pemasaran produk (product, price, place, dan promotion) terhadap kepuasan nasabah pada P.T. Bank Bukopin Syariah. Penelitian ini dilakukan di P.T. Bank Bukopin Syariah di kota Makassar. Adapun jumlah responden sebanyak 150 responden. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan software SPSS 22. Hasil analisis data menunjukkan baik parsial maupun simultan bahwa variabel produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah P.T. Bank Bukopin Syariah di Kota Makassar. Implikasi pada penelitian ini adalah variabel produk, harga, tempat dan promosi memiliki peran yang sama penting, baik secara parsial maupun simultan dalam meningkatkan tingkat kepuasan nasabah P.T. Bank Bukopin Syariah di Kota Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial bahwa variabel produk memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,422, dan nilai probabilitas sebesar 0,000 yang berarti produk mempengaruhi kepuasan nasabah secara signifikan. Selain itu, produk memiliki nilai Beta sebesar 0,424 atau 42,4 %, yang berarti bahwa produk mempengaruhi kepuasan nasabah sebesar 42,4 %. Variabel harga memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,105, dan nilai probabilitas sebesar 0,039 yang berarti harga mempengaruhi kepuasan nasabah secara signifikan. Selain itu, harga memiliki nilai Beta sebesar 0,108 atau 10,8 %, yang berarti bahwa harga mempengaruhi kepuasan nasabah sebesar 10,8 %. Variabel tempat memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,106, dan nilai probabilitas sebesar 0,037 yang berarti tempat mempengaruhi kepuasan nasabah secara signifikan. Selain itu, tempat memiliki nilai Beta sebesar 0,115 atau 11,5 %, yang berarti bahwa tempat mempengaruhi kepuasan nasabah sebesar 11,5 %. Variabel promosi memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,155, dan nilai probabilitas sebesar 0,012 yang berarti promosi mempengaruhi kepuasan nasabah secara signifikan. Selain itu, promosi memiliki nilai Beta sebesar 0,144 atau 14,4 %, yang berarti bahwa promosi mempengaruh kepuasan nasabah sebesar 14,4 %.

Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Syariah, Kepuasan Nasabah

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 141 times | PDF view : 498 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.