KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS VIII MTS DDI TAKKALASI KABUPATEN BARRU

Dahrul Dahrul(1*), Sulastriningsih Djumingin(2), Mayong Maman(3),

(1) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/wl.v2i2.38171

Abstract


Abstract: The results of this study indicate (1) The results of students' learning to write poetry texts using animation media show that: there are no students who are in the very effective, effective, and ineffective categories. Nine students were in the less effective category with an interval of 55–64 with a percentage of (30%); and twenty students were in the quite effective category with an interval of 65–79 with a percentage of (70%). (2) The results of students' learning to write poetry texts using video media show that: there are no students who are in the very effective and ineffective category. Two students are in the effective category with an interval of 80–89 with a percentage of (7%); and twenty five students were in the category of quite effective with an interval of 65–79 with a percentage of (83%). (3) The results of inferential statistical analysis show that the coefficient of difference between the value of writing poetry using video media and the value of writing poetry using animation media in class VIII students obtained a t-count value of -8.866 with 48 degrees of freedom and significance or p-value (2 tailed) = 0.000 because the p-value <0.05 or 0.000 <0.05, then the alternative hypothesis (H1) is accepted and the null hypothesis (H0) is rejected. Video media is more effectively used in learning to write poetry for class VIII MTs students. DDI Takkalasi, Barru Regency.

 

Keywords: Effectiveness, Writing Poetry Text, Video Media, Animation Media

 

Abstrak: Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Hasil pembelajaran menulis teks puisi siswa menggunakan media animasi menunjukkan bahwa: tidak ada siswa yang berada pada kategori sangat efektif, efektif, dan tidak efektif. Sembilan orang siswa berada pada kategori kurang efektif dengan interval nilai 55–64 dengan persentase sebaesar (30%); dan dua puluh siswa berada pada kategori cukup efektif dengan interval nilai 65–79 dengan persentase sebesar (70%). (2) Hasil pembelajaran menulis teks puisi siswa menggunakan media video menunjukkan bahwa: tidak ada siswa yang berada pada kategori sangat efektif dan tidak efektif.  Dua orang siswa berada pada kategori  efektif dengan interval nilai 80–89 dengan persentase sebaesar (7%); dan dua puluh lima orang siswa berada pada kategori cukup efektif dengan interval nilai 65–79 dengan persentase sebesar (83%). (3) Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa koefisien beda antara nilai menulis puisi dengan menggunakan media video dengan nilai menulis menulis puisi dengan menggunakan media animasi pada siswa kelas VIII diperoleh nilai t-hitung sebesar -8,866 dengan derajat kebebasan 48 dan signifikansi atau p-value (2 tailed) = 0,000 karena nilai p-value < 0,05 atau 0,000 < 0,05, maka hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Media Video lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII MTs. DDI Takkalasi Kabupaten Barru.

 

Kata Kunci: Keefektifan, Menulis Teks Puisi, Media Video, Media Animasi.


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Ariani, N. dan Haryanto, D. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Pribadi, B. A. 2017. Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif;Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

BERSUMBER DARI JURNAL

Erlista, Auntiya. 2018. Peningkatan Keterampilan menulis Puisi Menggunakan Metode Sugesti Imajinasi dengan Media VideoKlip Lagu. Universitas Negeri Semarang.

Fuad, Muhammad & Hidayati, Miftakhul. 2019. Keefektifan Pembelajaran Menulis Puisi Menggunakan Media Audio Visual untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pebelajaran. Vol 7 No 3 2019.

Jaya, Suhatman dkk. 2013. Peningkatan Keterampilan menulis Puisi Melalui Media Gambar Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pebelajaran. Vol 1 No 2, Juni 2013.


Article Metrics

Abstract view : 97 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: wahanaliterasi@unm.ac.id

Published by:

Language Education Graduate Program of Universitas Negeri Makassar

Indexed by:

  

Editorial Office:  

Graduate Program Universitas Negeri Makassar, Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung  AC, Indonesia

 


Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License