Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 sampan 4 Tahun: Kajian Psikolinguistik
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/wl.v1i1.27466
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pemerolehan bahasa anak usia 3-4 tahun pada tataran frasa; (2) Pemerolehan bahasa anak usia 3-4 tahun pada tataran kalimat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini merupakan tuturan ANP berusia 3 tahun 9 bulan, RAS berusia 3 tahun 6 bulan dan DAA berusia 3 tahun 2 bulan sebagai subjek penelitian. Sumber data dalam penelitian ini merupakan keseluruhan tuturan anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tiga teknik, yaitu simak, catat dan cakap. Hal ini dilakukan baik sepengetahuan maupun tanpa sepengetahuan subjek penelitian. Analisis data tersebut dilakukan melalui tiga tahap yaitu, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemerolehan bahasa anak usia 3-4 tahun pada tataran frasa yang diperoleh yaitu frasa nominal, frasa verbal, frasa adjektival dan frasa preposisional. Berdasarkan hasil penelitian, frasa yang paling banyak yaitu frasa nominal oleh anak usia 3-4 tahun dalam komunikasi sehari-hari; (2) Pemerolehan bahasa anak usia 3-4 tahun pada tataran kalimat yaitu kalimat deklaratif, kalimat interogatif, dan kalimat imperatif. Kalimat yang paling banyak ditemukan dalam ujaran anak yaitu kalimat deklaratif (kalimat berita) dalam komunikasi sehari-hari. Selain itu, ditemukan pula klitika dari dalam ujaran anak seperti klitika -ki, -mi, -ma, -ji, -i, -na yang merupakan pengaruh bahasa Bugis dalam komunikasi anak sehari-hari sesuai dengan bahasa yang digunakan dalam lingkungan tempat tinggal mereka.
Kata kunci: pemerolehan bahasa, frasa, kalimat
Full Text:
PDFReferences
Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., Moeliono, A.M. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Azis. (2012). Pemerolehan Kosakata Bahasa Pertama Anak Kedua usia 16 Bulan. Jurnal Retorika. Vol.8, No.2.
Chaer, Abdul. (2009)a. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. (2009)b. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Emy, Widya dan Nia Budiana. (2017). Pengantar Psikolinguistik. Malang: UB Press.
Field, John. (2003). Psycholinguistics. London: Routledge.
Lenneberg E. H. (Ed.) New Direction The Study Of Language. (2006), p. 7. (http://www.ualberta.ca/~gemian/ejournal/libben2.htm).
Mahsun. (2011). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Mar’at, Samsunuwiyati. (2011). Psikolinguistik. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran.
Miles, M. B dan Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metod Baru (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi) Jakarta: Universitas Indonesia (UIPress).
Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nursalam dan Nurhikmah. Representasi Kalimat Pada Tuturan Anak Usia 3,6 Tahun. Jurnal Retorika.
Ramlan, M. (2005). Ilmu Bahasa Indonesia Sintaksis. Yogyakarta: Karyono.
Sri Utari Subiakto – Nababan (1992). Psikolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta : Gramedia.
Tarigan, H. G. (2011). Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Edisi Revisi. Bandung: Angkasa
Article Metrics
Abstract view : 346 times | PDF view : 76 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Email: wahanaliterasi@unm.ac.id
Published by:
Language Education Graduate Program of Universitas Negeri Makassar
Indexed by:
Editorial Office:
Graduate Program Universitas Negeri Makassar, Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AC, Indonesia
Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License