PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI GALESONG UTARA, KABUPATEN TAKALAR

St. Risma Ayu Nirwana(1*), Muhammad Arif Tiro(2), Wahidah Sanusi(3),

(1) Mathematics Education Postgraduate Program, Universitas Negeri Makassar
(2) Mathematics Education Postgraduate Program, Universitas Negeri Makassar
(3) Mathematics Education Postgraduate Program, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ex-post facto ini bertujuan menyelidiki kontribusi kemampuan berpikir divergen dan efikasi diri (self efficacy) terhadap prestasi belajar matematika baik langsung mau pun tidak langsung melalui kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri di Galesong Utara Kabupaten Takalar tahun 2017/2018. Populasi penelitian sebanyak 582 siswa dengan sampel sebanyak 197 siswa. Sampel dipilih dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah (1) tes kemampuan berpikir divergen, (2) skala efikasi diri, (3) skala kemandirian belajar, (4) tes prestasi belajar matematika. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian besar siswa memiliki kemampuan berpikir divergen dalam kategori sedang, efikasi diri dalam kategori sangat tinggi, kemandirian belajar dalam kategori tinggi, dan prestasi belajar matematika dalam kategori sangat rendah, (2) efikasi diri memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar secara langsung, sedangkan kemampuan berpikir divergen tidak memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar secara langsung, (3) kemampuan berpikir divergen dan kemandirian belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa secara langsung, sedangkan efikasi diri tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa secara langsung, (4) efikasi diri memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa melalui kemandirian belajar secara tidak langsung, sedangkan kemampuan berpikir divergen tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa secara tidak langsung melalui kemandirian belajar.

 

Kata Kunci:       berpikir divergen, efikasi diri, kemandirian belajar, prestasi belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 156 times | PDF view : 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 St. Risma Ayu Nirwana, Muhammad Arif Tiro, Wahidah Sanusi