PERBEDAAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI STKIP PEMBANGUNAN INDONESIA BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)

Wiwik Wiji Astuti(1*), Andi Nurveryani(2),

(1) STKIP Pembangunan Indonesia Makassar
(2) STKIP Pembangunan Indonesia Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) yang bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia berdasarkan Perbedaan Gender melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas VIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VID sebagai kelas kontrol dengan jumlah mahasiswa masing-masing sebanyak 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar biologi mahasiswa. Data diperoleh melalui tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif nilai hasil belajar pada kelas kontrol untuk jenis kelamin laki-laki nilai rata-rata 69,33 dan untuk jenis kelamin perempuan nilai rata-rata 71,69. Pada kelas ekperimen untuk jenis kelamin laki-laki nilai rata-rata 78,27 dan untuk jenis kelamin perempuan nilai rata-rata 79,64. Hasil pengujian hipotesis diperoleh Sig. (2-tailed) = 0,001< α = 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia berdasarkan Perbedaan Gender melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS).

Kata Kunci: Hasil Belajar, Gender, TPS


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 158 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wiwik Wiji Astuti, Andi Nurveryani

Abstracted/Indexed by:

 

 

Prosiding Seminar Nasional Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi-Teori, dan Aplikasi Statistika (VARIANSI) is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)