PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, EFIKASI DIRI, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Istiqfar Istiqfar(1*), Muhammad Arif Tiro(2), Suwardi Annas(3),

(1) Mathematics Education Postgraduate Program, Universitas Negeri Makassar
(2) Mathematics Education Postgraduate Program, Universitas Negeri Makassar
(3) Mathematics Education Postgraduate Program, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ex-post facto ini bertujuan mengungkapkan besarnya pengaruh kecerdasan emosional, dan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika, baik secara langsung mau pun tidak langsung melalui motivasi berprestasi ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri Takalar tahun pelajaran 2017/ 2018. Anggota populasi penelitian sebanyak 426 siswa dengan ukuran sampel sebanyak 116 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan (1) sebagian besar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Takalar dan SMP Negeri 5 Takalar memiliki kecerdasan emosional berada pada kategori tinggi, efikasi diri dan motivasi berprestasi berada pada kategori cukup, sedangkan hasil belajar matematika berada pada kategori rendah. (2) kecerdasan emosional dan efikasi diri siswa mempunyai pengaruh positif secara langsung terhadap motivasi berprestasi. (3) kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi mempunyai pengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar matematika siswa sedangkan efikasi diri tidak mempunyai pengaruh secara langsung terhadap hasil belajar matematika, (4) kecerdasan emosional dan efikasi diri masing-masing mempunyai pengaruh positif secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika siswa melalui motivasi berprestasi. (5) terdapat perbedaan model pengaruh kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi berprestasi menurut gaya belajar siswa.

 

Kata Kunci: Kecerdasan emosional, Efikasi diri, Motivasi berprestasi, Gaya belajar, Hasil belajar matematika.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 372 times | PDF view : 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Istiqfar Istiqfar, Muhammad Arif Tiro, Suwardi Annas

Abstracted/Indexed by:

 

 

Prosiding Seminar Nasional Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi-Teori, dan Aplikasi Statistika (VARIANSI) is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)