TINGKAT STRES DAN STRATEGI KOPING MAHASISWA KEPERAWATAN DI MASA PANDEMI COVID19

Nur Hidayah(1*), Huriati Huriati(2), Eny Sutria(3), Muslimin A Muslimin A(4),

(1) Program Studi S1 Keperawatan, FKIK UIN Alauddin Makassar
(2) Program Studi S1 Keperawatan, FKIK UIN Alauddin Makassar
(3) Program Studi S1 Keperawatan, FKIK UIN Alauddin Makassar
(4) Program Studi S1 Keperawatan, FKIK UIN Alauddin Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan besar dalam kehidupan masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan. Sistem pembelajaran yang drastis berubah membawa dampak terhadap stress dan kepanikan baik bagi mahasiswa maupun pengajar. Dampak psikologis bagi mahasiwa pun bervariasi dan sangat tergantung pada mekanisme koping yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi tingkat stres dan strategi koping mahasiswa dimasa pandemic covid-19. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Tekhnik sampling purposive sampling dan consecutive sampling, Penelitian ini dilakukan di kota Makassar dengan jumlah sampel 140 mahasiswa sarjana keperawatan. Hasil penelitian menunjukkan 27,9% mahasiswa mengalami stress sedang dan 92,9% mahasiswa menggunakan strategi koping pengendalian diri atau self control. Tingkatan stress mahasiswa cenderung dipengaruhi oleh mekanisme koping yang digunakan, oleh karena itu penggunaan mekanisme koping yang baik akan membantu mahasiswa dalam menghadapi kondisi stress.

 

Kata Kunci : Mahasiswa Keperawatan, Tingkat Stres, Strategi Koping


Full Text:

PDF

References


Anelia, N. (2012). Hubungan Tingkat Stres Dengan Mekanisme Koping Pada Mahasiswa Reguler Program Profesi Ners FIK UI Tahun Akademik 2011/2012.

B, H., & Hamzah, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa STIKES Graha Medika. Indonesian Journal For Health Sciences, 4(2).

Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. (2020). The Psychological Impact of The Covid-19 Epidemic On College Student in China. Psychiatry Research.

Ferayanti. (2016). Hubungan Mekanisme Koping Dengan Kemampuan Perkembangan Psikososial Remaja Di Madrasah Tsanawiyah Mu’Allimat Muhammadiyah Yogyakarta.

Gunawan, D. N. (2018). Hubungan Strategi Koping Dengan Kualitas Hidup Caregiver Keluarga Penderita Skizofrenia Di RSJ Dr Radjiman Wediodiningrat Lawang.

Harahap, A. C. P., Harahap, D. P. S., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4804

PH, L., MUBIN, mOHAMMAD fATKHUL, & BASTHOMI, Y. (2020). Penyebab Stres Mahasiswa Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.

Praghopati, A., & Ulfitri, W. (2019). Gambaran Mekanisme Coping Pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Tingkat IV yang Sedang Menghadapi Tugas Akhir Di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan X Bandung, 3(2).

Qiu, J., Shen, B., Zhao, M., Wang, Z., Xie, B., & Xu, Y. (2020). Sebuah survei nasional tentang tekanan psikologis di antara orang-orang Cina dalam epidemi COVID-19: implikasi dan rekomendasi kebijakan. https://doi.org/doi: 10.1136 /gpsych-2020-100213

Rositoh, F., Sarjuningsih, & Sa’adati, T. I. (2017). Strategi Coping Stres Mahasiswi Yang Telah Menikah Dalam Menulis Tugas Akhir, 1(2), 59–74.

Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2020). Kontribusi Self-efficacy Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19 Periode April-Mei 2020. Teraputik, 4(1). https://doi.org/10.26539/teraputik.41294

WHO. (2020). Pertimbangan Kesehatan Mental dan Psikosisial Selama Wabah Covid-19, (18 Maret 2020).

Wijayanti, N. (2013). Strategi Coping Menghadapi Stres Dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Program S1 Fakultas Ilmu Pendidikan.


Article Metrics

Abstract view : 703 times | PDF view : 185 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Hidayah, Huriati Huriati, Eny Sutria, Muslimin A Muslimin A