PEMODELAN SPATIAL AUTOREGRESSIVE (SAR) UNTUK PRESENTASE PENDUDUK MISKIN DI JAWA BARAT TAHUN 2018

Dea Handayani Juniar(1*), Muhammad Ulinnuha(2),

(1) Mahasiswa Pascasarjana Statistika Terapan, IPB
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Badan Pusat Statistik (BPS) memandang kemiskinan sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan bukan makanan yang diukur dari sisi pengeluaran. Penanggulangan kemiskinan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sehingga diperlukan analisis mendalam untuk penanggulangan kemiskinan. Analisis penanggulangan kemiskinan akan lebih efektif dengan pendekatan geografis. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan persentase jumlah penduduk miskin di Jawa Barat dengan memperhatikan efek ketergantungan antar wilayah. Pada penelitian ini peubah bebas yang digunakan adalah Laju PDRB, Indeks Pendidikan dan Indeks Kesehatan. Metode yang digunakan model regresi spasial Spatial Autoregressive Model (SAR) dan Spatial Error Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan Model SAR lebih baik dibandingkan model SEM dan OLS karena pada model SAR memiliki AIC lebih kecil dan nilai Pseudo R2adj lebih tinggi dibandingkan model SEM dan OLS. Peubah bebas yang berpengaruh signifikan terhadap presentase penduduk miskin di Jawa Barat pada model SAR adalah indeks pendidikan. Pemodelan dengan Spatial Autoregressive Model menghasilkan nilai AIC sebesar 116.99 dengan R2adj sebesar 56.4%.

Kata Kunci: Ordinary Least Square (OLS), Regresi Spasial, Spatial Autoregressive (SAR) dan Spatial Error Model (SEM).

Full Text:

PDF

References


Anselin, L. 1988. Spatial Econometrics: Methods and Models. Kluwer Academic Publishers. The Netherlands

Dubin R. 2009. Spatial Weight. Fotheringham AS, PA Rogerson, editor, Handbook of Spatial Analysis. London: Sage Publications.

Gujarati, D.N.2003.Basic Econometrics. Fourth Edition. McGraw-Hill. New York

Le Sage JP. 1999. The Theory and Practice of Spatial Econometrics. Toledo: Department of Economics University of Toledo.

Myers, R.H., 1990, Classical and modern regression with application, second edition, Boston: PWS-KENT Publishing Company.


Article Metrics

Abstract view : 1007 times | PDF view : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dea Handayani Juniar, Muhammad Ulinnuha

Abstracted/Indexed by:

 

 

Prosiding Seminar Nasional Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi-Teori, dan Aplikasi Statistika (VARIANSI) is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)