DETERMINAN KETAHANAN PANGAN BERDASARAKAN PROPORSI PENGELUARAN PANGAN DAN KONSUMSI ENERGI (Studi Kasus pada Rumah Tangga di Provinsi Kalimantan Barat)

Devaki Areta Putrie(1*), Arif Rahman(2),

(1) Badan Pusat Statistik
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini mengevaluasi keadaan ketahanan pangan rumah tangga di Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2019. Indikator ketahanan pangan yang digunakan mengacu pada proporsi pengeluaran pangan serta konsumsi kalori harian. Penelitian ini bertujuan untuk menngambarkan keadaan ketahan pangan level rumah tangga serta menganalisis faktor apa saja yang berpengaruh pada ketahanan pangan di di Kalimantan Barat. Analisis regresi logistik dengan metode backward diterapkan pada rumah tangga sampel SUSENAS Maret 2019. Hasil menunjukkan bahwa model terbaik terdiri dari 3 variabel dari total 7 variabel bebas yang digunakan dalam penelitian. Variabel yang signifikan berpengaruh terhadap kondisi ketahanan pangan rumah tangga di Kalimantan Barat adalah status pekerjaan kepala rumah tangga, status penerima bantuan PKH, serta ukuran keluarga. Ketiganya berpengaruh positif pada level 0,05.

 

Kata Kunci:          Ketahanan pangan, Kalimantan Barat, pendidikan tertinggi KRT, RASTRA, ukuran keluarga, regresi logistik

Full Text:

PDF PDF

References


Arida, A., Sofyan, & Fadhiela, K. (2015). Analisis Ketahanan Pangan Rumah Tangga Berdasarkan Proporsi Pengeluaran Pangan Dan Konsumsi Energi (Studi Kasus Pada Rumah Tangga Petani Peserta Program Desa Mandiri Pangan di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar). Agrisep. 16(1)

Hosmer, David W, and Stanley Lemeshow. (2000). Applied Logistic Regression. New York: Wiley.

Sila, O., & Pellokila, M.R. (2012). Socio-Economic Indicators Affecting Food Security At Rice Farmer’s Household In Tarlac, The Philippines. SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, [S.l.], nov. 2012. ISSN 2615-6628

Sundari I, Djalal N. (2015) Analisis Raskin dan Ketahanan Pangan Rumah Tangga di Indonesia (Susenas 2011 Data Analysis). 2015;15(2):121-43.

Syamola, D,. & Nurwahyuni, A. (2019). Determinan Ketahanan Pangan Rumah Tangga di Daerah Pedesaan di Indonesia (Analisis Data Susenas Tahun 2017). JURNAL MKMI. 15(1)


Article Metrics

Abstract view : 626 times | PDF view : 20 times PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Devaki Areta Putrie, Arif Rahman

Abstracted/Indexed by:

 

 

Prosiding Seminar Nasional Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi-Teori, dan Aplikasi Statistika (VARIANSI) is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)