ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA SEKTOR PERTANIAN DAN KEMISKINAN DI INDONESIA

Arif Rahman(1*), Erni Octaviani(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Indonesia sebagai negara agraris masih menempatkan sektor pertanian sebagai sektor yang memiliki peran penting dalam pembangunan nasional. Pada tahun 2017, share sektor pertanian terhadap PDB merupakan yang terbesar ketiga. Selain itu, sektor pertanian adalah sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja di Indonesia. Akan tetapi, sektor pertanian masih terdapat banyak permasalahan salah satunya adalah produktivitas tenaga kerja. Berdasarkan hasil Sensus Pertanian 2013, produktivitas tenaga kerja di sektor pertanian paling rendah dibanding sektor lain. Masalah lain yang dihadapi adalah masih tingginya tingkat kemiskinan pada rumah tangga usaha pertanian yaitu 50,42 persen dari total rumah tangga miskin yang ada di Indonesia pada tahun 2016. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh produktivitas tenaga kerja terhadap kemiskinan serta faktor-faktor yang dapat memengaruhinya menggunakan analisis data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemiskinan di Indonesia cenderung mengalami penurunan, sedangkan produktivitas tenaga kerja sektor pertanian cenderung mengalami peningkatan pada tahun 2011-2015. Selain itu, meningkatnya produktivitas tenaga kerja sektor pertanian dapat menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia. Serta faktor-faktor yang memengaruhi produktivitas tenaga kerja yaitu Angka Harapan Hidup (AHH) yang memiliki pengaruh positif, panjang jalan yang diaspal yang memiliki pengaruh positif, serta luas lahan pertanian yang memiliki pengaruh negatif.

 

Kata Kunci: Produktivitas, Tenaga kerja, Kemiskinan, Regresi data panel

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2014). Analisis Sosial Ekonomi Petani di Indonesia. Jakarta: BPS

Badan Pusat Statistik. (2017). Produk Domestik Regional Bruto Provinsi-Provinsi di Indonesia Menurut Lapangan Usaha 2012-2016. Jakarta: BPS

Badan Pusat Statistik. (2017). Statistik Indonesia 2012-2017. Jakarta: BPS

Effendy, Rully Sutansyah. (2017). Peranan Pendidikan dan Produktivitas Sektor Pertanian Terhadap Penurunan Tingkat Kemiskinan di Jawa Tengah. Media Ekonomi dan Manajemen. 32(2).

Kementerian Pertanian. Aplikasi Database Lahan. http://prasarana.pertanian.go.id/lahanmy/

Schneider, Kate & Gugerty, Mary Kay. (2011). Agricultural Productivity and Poverty Reduction: Linkages and Pathways. Evans School Review, 1(1): 56-74.

Wiebe, K. (2003). Land Quality, Agricultural Productivity, and Food Security at Local, Regional, and Global Scales Paper prepared for presentation at the American Agricultural Economics Association Annual Meeting, Montreal, Canada, July 27–30, 2003 Economic Research Service, USDA.


Article Metrics

Abstract view : 121 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Arif Rahman, Erni Octaviani