EKSPLORASI LITERASI STATISTIKA DESKRIPTIF MAHASISWA PROGRAM STUDI STATISTIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR DALAM SUASANA PEMBELAJARAN DARING AKIBAT DARURAT COVID-19

Muhammad Arif Tiro(1*), Ruliana Ruliana(2), Aswi Aswi(3),

(1) Statistics Department of Universitas Negeri Makassar
(2) Statistics Department of Universitas Negeri Makassar
(3) Statistics Department of Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Sejak Maret 2020, pembelajaran di Universitas Negeri Makassar dilaksanakan secara daring (online) akibat pandemi COVID-19. Situasi ini tentu mempengaruhi kegiatan pembelajaran di kampus. Penelitian eksploratif ini bertujuan untuk mengeksplorasi pencapaian peubah literasi statistika deskriptif bagi mahasiswa Program Studi Statistika Universitas Negeri Makassar di masa pandemi menurut lima kompetensi dasar literasi statistika. Peneliti mengadaptasi model pengembangan instrument 4-D menjadi model 4-P dalam pengembangkan instrumen penilaian literasi statistika deskriptif. Selanjutnya, instrumen penilaian yang diperoleh diterapkan untuk memetakan mutu literasi statistika deskriptif mahasiswa. Kelima kompetensi dasar literasi statistika tersebut adalah: (1) pemahaman konsep statistika deskriptif, (2) keterampilan menghitung nilai statistika deskriptif, (3) wawasan aplikasi statistika deskriptif, (4) kecermatan interpretasi nilai statistika deskriptif, dan (5) keterampilan visualisasi dan komunikasi informasi statistika deskriptif. Kompetensi yang mencapai tingkat capaian tertinggi adalah keterampilan visualisasi (60%) sedangkan kecermatan interpretasi merupakan capaian terendah (32%). Secara umum, capaian dalam hal literasi statistika deskriptif mahasiswa Program Studi Statistika UNM dalam suasana pembelajaran daring akibat darurat Covid-19 tergolong sedang. Materi statistika deskriptif yang diajarkan dan sistem penilaian di perguruan tinggi perlu menekankan pada lima kompetensi dasar yang telah dijelaskan.

 

Kata Kunci: literasi statistika deskriptif, kompetensi literasi statistika deskriptif

Full Text:

PDF

References


Plomp. (1997). An Introduction to Educational Design Research, Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), November 23-26, 2007.

Stanley, J. C., and Hopkins, K. D. (1972). Educational and Psychological Measurement and Evaluation New Delhi: Prentice-Hall of India Private Limited.

Sudarmin, Tiro, M. A., & Irwan (2015). Deskripsi Literasi Peluang dan Peristiwa Acak Mahasiswa Program Studi Statistika FMIPA UNM, Makassar: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children, Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Tiro, M. A., Sukarna, & Aswi (2008). Pengantar Teori Peluang, Makassar: Andira Publisher.

Tiro, M. A., Nusrang, M., & Ahsan, M. (2015). Eksplorasi Pembelajaran Literasi Statistika dalam Paradigma Konstruktivisme Mahasiswa Program Magister PPs Universitas Negeri Makassar, Makassar: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.

Tiro, M. A., & Ahsan, M. (2015). Penyajian Informatif: Tabel, Grafik, dan Statistik, Makassar: Andira Publisher.

Tiro, M. A. (2017). Teaching Statistics In Indonesian Schools: Today and Future, Presented on the 2017 ISI Regional Statistics Conference at the Bali International Convention Centre, Wednesday 22-24 March.

Tiro, M. A. (2018a). National Movement for Statistical Literacy in Indonesia: An Idea, Journal of Physics: Coference Series, IOP Conf, Series: Journal of Physics: Conf, Series 415062788(9200‘1’8“)”012216 doi:10,1088/1742-6596/1028/1/012216.

Tiro, M. A. (2018b). Pendidikan Statistika untuk Generasi Lebih Baik (Statistics Education for a Better Generation), Makalah undangan pada Seminar Nasional Statistika VII, Bale Sawala Unpad, 27 Oktober 2018.

Tiro, M. A., Aidid, M. K., & Ahmar, A. (2018). Exploration of Table and Graph Literacy of Statistics Student at Universitas Negeri Makassar. Journal of Physics: Coference Series 1040 012036, IOP Conf, Series: 1040 (2018) 011001/2018.


Article Metrics

Abstract view : 163 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Arif Tiro, Ruliana Ruliana, Aswi Aswi