PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH KOTA MAKASSAR

Agus Agus(1*), Hastuty Musa(2), Andi Quraisy(3),

(1) Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Makassar,  (2) untuk mengetahui efikasi diri siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Makassar, (3) untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Makassar, (4) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Makassar, (5) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama kecerdasan emosional, efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Makassar. (6) Untuk mengetahui pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Makassar. (7) Untuk mengetahui pengaruh positif efikasi diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Makassar. (8) Untuk mengetahui pengaruh positif motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas dengan sampel penelitian sebanyak 229 siswa dari kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Makasar tahun ajaran 2020/2021 yang menggunakan teknik pengambilan sampel Stratified Proportional Random  Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini  menggunakan instrumen: (1) angket kecerdasan emosional, (2)angket efikasi diri, (3) angket motivasi belajar, dan (4) tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan emosional, efikasi diri dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Makassar. (2) kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Makassar. (3) efikasi diri berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Makassar. (4) motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Makassar.

 

Kata Kunci:          Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


A’yunin, D.R.Y.Q. (2017). Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Skripsi (Online), (http://repo.iain-tulungagung.ac.id, diakses 20 Juni 2020).

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy (The Exercise of Control). New York: E. H. Freeman and Company.

Fitriana, Sitti, Ihsan, Hisyam dan Annas, Suwardi. (2015). Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemanidirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP. Journal of EST, Vol. 1, No. 2.

Goleman, Daniel. (2009). Emotional Intellegence (terjemahan). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gusniawati, Mira. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Formatif, Vol. 5, No. 1, Tahun 2015, hal. 26-41.

Hamalik, O. (2016). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Husna, Raudhatul, Budiman dan S, Bainuddin Yani. (2018) Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas X SMK SMTI Banda Aceh. Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika. 3(2)

Ulfa Suci Ni’matul. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPS. Skripsi (Online), (http://repo.iain-tulungagung.ac.id, diakses 20 Juni 2020).

Uno, Hamzah B. (2017). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 158 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agus Agus, Hastuty Musa, Andi Quraisy