TINJAUAN HUKUM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE MELALUI SOSIAL MEDIA (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNM)

Nurfajri Nurfajri(1*), Heri Tahir(2), Firman Muin(3),

(1) Fak Ilmu Sosial UNM
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) FIS-H UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRACT, This article outlines the problem of Legal Review of Online Transactions through Social Media Munurut Civil Code (Study of UNM Faculty of Social Sciences Students). This study aims, (1) To determine the rights and obligations between sellers and buyers in online buying and selling transactions through social media (2) To determine the legal remedies carried out by consumers if harmed in buying and selling transactions through social media. This type of research is qualitative research and uses a qualitative descriptive research approach. The data sources used are primary data and secondary data. Primary data is 20 students of the Faculty of Social Sciences, namely 10 online sellers and 10 online consumers. While secondary data is literature such as books and laws and other related sources. Data collection techniques include: Observation, Interview and Documentation. Analysis of the data used in this qualitative study is data reduction, data presentation and conclusion drawing. Based on the results of the study, namely: (1) The rights and obligations of sellers and online buyers include the seller surrendering the goods and the buyer making payments. In addition, both parties are also entitled to a sense of security and mutual benefit. More fully discussed in the Civil Code and consumer protection laws. (2) Some legal remedies carried out by consumers if harmed in buying and selling through social media, namely by contacting the police, and reporting to the bank. The rest of consumers solve their problems with a peaceful path.

ABSTRAK, Artikel ini menguraikan masalah Tinjauan Hukum Transaksi Jual Beli Online Melalui Sosial Media Munurut KUHPerdata (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNM). Penelitian ini bertujuan, (1) Untuk mengetahui hak dan kewajiban antara penjual dan pembeli dalam transaksi jual beli online melalui social media (2) Untuk mengetahui upaya hukum yang dilakukan oleh konsumen apabila dirugikan dalam transaksi jual beli melalui social media. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yaitu 20 orang mahasiswa fakultas ilmu sosial yaitu 10 orang penjual online dan 10 orang konsumen online. Sedangkan data sekunder yaitu literature seperti buku dan undang-undang maupun sumber lain yang berkaitan . Teknik pengumpulan data meliputi: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yaitu: (1) Hak dan kewajiban penjual dan pembeli online antara lain penjual menyerahkan barangnya dan pembeli melakukan pembayaran. Selain itu, kedua belah pihak juga berhak atas rasa aman dan saling menguntungkan. Lebih lengkap dibahas dalam KUH Perdata serta undang-undang perlindungan konsumen.(2) Beberapa upaya hukum yang dilakukan oleh konsumen apabila dirugikan dalam transaksi jual beli melalui social media yaitu dengan menghubungi pihak kepolisisan, dan melaporkan kepada pihak bank. Selebihnya konsumen menyelesaikan masalahnya dengan jalur damai.

Keywords


Tinjauan Hukum, Jual Beli, Sosial Media

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 5 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurusan PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar

Gedung FIS Lt. 1 Kampus UNM Gunungsari Baru Jl. Raya Pendidikan Makassar 90222

Contact Person: Dr. Muh. Sudirman, S.Ag M.Pd (081355035326)

e-mail : tomalebbi@unm.ac.id

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  has been indexed by: