EKSISTENSI NILAI TRADISI DARI IMAM LAPEO DI TANAH MANDAR KECAMATAN CAMPALAGIAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR

RICKY REZKY(1*), IMAM SUYITNO(2), MUHAMMAD AKBAL(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kondisi tradisi dari Imam Lapeo (2) Mengetahui nilai tradisi dari Imam Lapeo yang terdapat dalam berbagai kegiatan dalam masyarakat (3) Mengetahui upaya yang dilakukan masyarakat Kecamatan Campalagian dan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dalam melestarikan tradisi dari Imam Lapeo. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian yaitu kondisi tradisi dari Imam Lapeo saat ini dan nilai yang terkandung dalam berbagai tradisi tersebut serta upaya dalam melestarikan tradisi tersebut. Sumber data yang digunakan yaitu data primer, sekunder dan tersier. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti dan lembar pedoman wawancara, prosedur pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tradisi dari Imam Lapeo yang terdapat dalam berbagai acara dalam masyarakat di tanah Mandar pada umumnya masyarakat sangat menghargai keberadaan dari tradisi tersebut karena beberapa faktor, diantaranya nilai yang terkandung dalamnya, sehingga sampai hari ini tradisi tersebut masih ada dan dilaksanakan masyarakat di tanah Mandar 2) Nilai tradisi dari Imam Lapeo di berbagai acara dalam masyarakat mengandung banyak makna dan nilai diantaranya nilai religius, nilai rohani, nilai agama, nilai sosial, dan nilai budaya yang menjadi alasan masyarakat untuk melaksanakan dan menggunakan tradisi dari Imam Lapeo 3) Upaya yang dilakukan dalam melestarikan tradisi dari Imam Lapeo adalah a. saling mengingatkan untuk melaksanakan b. Mensosialisasikan ke para generasi pelanjut c. Melakukan promosi terkait keberadaan tradisi dari Imam Lapeo.

 

Kata Kunci : Eksistensi, Nilai tradisi

 


 

ABSTRACT: This study aims to: (1) Determine the traditional conditions of Imam Lapeo (2) Knowing the traditional value of Imam Lapeo contained in various activities in the community (3) Knowing the efforts of the Campalagian District community and Polewali Mandar District Government in preserving the tradition from Imam Lapeo. Qualitative descriptive research type. The focus of the research is the current condition of Imam Lapeo's tradition and the values contained in these various traditions as well as efforts to preserve the tradition. Data sources used are primary, secondary and tertiary data. The instrument used in this study was the researcher and the interview guide sheet, the procedure of data collection, namely observation, interviews and documentation. The results showed that: 1) The tradition of Imam Lapeo contained in various events in the community in the land of Mandar in general the community really appreciated the existence of the tradition because of several factors, including the values contained in it, so that to this day the tradition still exists and is carried out community in Mandar land 2) The traditional value of Imam Lapeo at various events in the community contains many meanings and values including religious values, spiritual values, religious values, social values, and cultural values which are the reasons for the community to implement and use the tradition of Imam Lapeo 3 ) Efforts made to preserve the tradition of Imam Lapeo are a. remind each other to carry out b. Socialize to the next generation c. Promoting the existence of the tradition of Imam Lapeo.

 

Keywords: Existence, Traditional Value


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 282 times | PDF view : 212 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) 

Jurusan PPKn dan Hukum FIS-H UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : tomalebbi@unm.ac.id
HP/WA: 081355035326 (an. Muh. Sudirman)

ISSN : 2962-3685 (Online)
ISSN : 2355-6439 (Print)

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Indexed by