PEMBENTUKAN KEDISPLINAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PPKN DI SMAN 1 SESENAPADANG KABUPATEN MAMASA

Imam Suyitno(1), Rifdan Rifdan(2), Adam Junitra(3*),

(1) Universitas Negerri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pembentukan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran PPKn, (2) Kendala pembentukan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Sesenapadang.

Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pegumpulan data yang dilakukan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini diolah dengan menggunakan analisis data secara kualitatif deskriptif. Penyajian data dalam bentuk teks naratif.

Hasil  penelitian menujukkan bahwa (1) Upaya yang dilakukan oleh guru membentuk kedisiplinan siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran PPKn, yaitu, membuat perjanjian dengan siswa atau yang biasa disebut kontrak belajar. menjadi teladan bagi siswa, pembiasaan sikap disiplin, dan memberikan pemahaman tentang kedisiplinan melalui materi dan pembelajaran PPKn. (2) Kendala yang dihadapi dalam pembentukan kedisiplinan siswa disebakan faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal yaitu kurangnya kesadaran siswa terhadap kedisiplinan. Faktor eksternal yaitu kurangnya interaksi guru dan siswa, lingkungan belajar siswa yang tidak kondusif, jaringan internet yang tidak stabil, dan perangkat gawai dan kuota yang tidak memadai. 


Keywords


Pembentukan kedisiplinan, pembelajaran daring, PPKn

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) 

Jurusan PPKn dan Hukum FIS-H UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : [email protected]
HP/WA: 081355035326 (an. Muh. Sudirman)

ISSN : 2962-3685 (Online)
ISSN : 2355-6439 (Print)

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Indexed by