PENEGAKAN HUKUM PADA KASUS TINDAK PIDANA PENCURIAN HASIL TANAMAN PERTANIAN PADA DESA BONTO DAENG KECAMATAN ULUERE KABUPATEN BANTAENG

Nur Haera(1*), Hasnawi Haris(2), Andika Wahyudi Gani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Uniuversitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK
Nurhaera. 2022. Penegakan Hukum Pada Kasus Tindak Pidana Pencurian Hasil Tanaman Pertanian Pada Desa Bonto Daeng Kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Hasnawi Haris dan Andika Wahyudi Gani.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, tingkat pengetahuan masyarakat Desa Bonto Daeng Kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng terhadap aturan-aturan hukum positif terkait tindak pidana pencurian hasil tanaman pertanian serta upaya pencegahannya. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis kualitatif untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat Desa Bonto Daeng Kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng terhadap aturan-aturan hukum positif terkait tindak pidana pencurian hasil tanaman pertanian serta upaya pencegahannya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat pengetahuan hukum masyarakat Desa Bonto Daeng Kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng masih dikategorikan rendah. Hal tersebut di pengaruhi oleh tingkat pendidikan masyarakat yang rendah serta tingkat kepercayaan diri masyarakat yang merasa mampu menangani kasus pencurian hasil tanaman pertanian di daerahnya. (2) Adapun upaya yang dilakukan oleh aparat hukum dalam pencegahan pencurian hasil tamanan pertanian pada Desa Bonto daeng Kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng ada dua yaitu upaya preventif dan upaya represif.

Kata kunci: Penegakan Hukum, Tindak Pidana Pencurian, Hasil Tanaman Pertanian


Keywords


Penegakan Hukum, Tindak Pidana Pencurian, Hasil Tanaman Pertanian

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 69 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) 

Jurusan PPKn dan Hukum FIS-H UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : tomalebbi@unm.ac.id
HP/WA: 081355035326 (an. Muh. Sudirman)

ISSN : 2962-3685 (Online)
ISSN : 2355-6439 (Print)

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Indexed by