Peran guru PKn dalam meningkatkan minat belajar mata pelajaran PKn peserta didik pada satuan pendidikan SMA Negeri 11 Jeneponto

Ridho Tul Mubaraq(1*), Rifdan Rifdan(2), Muhammad Akbal(3),

(1) Fis UNM
(2) Universitas negeri makassar
(3) Fis UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak
Ridhotul Mubaraq R. 2022. Peran Guru Pkn Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Pkn Peserta didik Pada Satuan Pendidikan SMA Negeri 11 Jeneponto. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum. Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Rifdan M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Dr. Muhammad Akbal M. Hum selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Peran guru PKn dalam meningkatkan minat belajar mata pelajaran PKn peserta didik pada satuan pendidikan SMA Negeri 11 jeneponto, dan (2)Faktor pendukung dan penghambat guru PKn dalam meningkatkan minat belajar mata pelajaran PKn peserta didik pada satuan pendidikan SMA Negeri 11 jeneponto. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber primer yaitu informan dan sumber data sekunder yaitu studi kepustakaan. Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan model interaktif (interactive model analysis) yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1)Upaya yang di lakukan guru PKn dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn pada satuan pendidikan SMAN 11 Jeneponto terkhusus pada kelas X dan XI adalah dalam proses pembelajaran meliputi penggunaan media belajar Power Point (PPT) yang memudahkan siswa memahami setiap materidalam proses pembelajaran PKn. (2)Faktor pendukung guru PKn dalam meningkatkan minat belajar peserta didik ialah (a) lingkungan yang kondusif baik itu di rumah maupun di sekolah (b)program sekolah SMAN 11 Jeneponto yang menjadikan ruangan bersuasana ramah anak dengan bekerja sama dengan para Wali Kelas masing-masing. Kemudian faktor penghambatnya ialah (a)tidak semua peserta didik menyukai mata pelajaran PKn, tetapi tidak menyukai bukan berarti tidak mau belajar (b)waktu mengajar yang terbatas sehingga pembelajaran harus sebisa mungkin di optimalkan sebaik mungkin.

Kata Kunci : Peran Guru, Minat belajar peserta didik, dan Faktor pendukung dan penghambat


Keywords


Peran guru, minAtbelajar, sertafaktor pendukung dan penghambat

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 161 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) 

Jurusan PPKn dan Hukum FIS-H UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : tomalebbi@unm.ac.id
HP/WA: 081355035326 (an. Muh. Sudirman)

ISSN : 2962-3685 (Online)
ISSN : 2355-6439 (Print)

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Indexed by