PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN PENJUAL MINUMAN KERAS DI KAMPUNG BONTOLABBERE KABUPATEN PANGKEP

Muhammad Khadafi(1*), Andi Kasmawati, M.Hum(2), Dr. Mustaring, M.Hum(3),

(1) Fak. Ilmu Sosial dan Hukum
(2) FIS-H UNM
(3) FIS-H UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstract; The purpose of this research; 1) to find out the public perception of the existence of liquor sellers in Bontolabbere village, Pangkep regency, 2) to find out the impact of liquor in Bontolabbere village, Pangkep regency. To achieve this goal, the researchers used data collection techniques through documentation, observation and interviews. The data that has been obtained from the research results are processed using qualitative analysis to determine the public perception of the existence of liquor sellers in the village of Bontolabbere, Pangkep Regency. agree 2. Some disagree, 2). The impact of liquor (ballo kacci) in the Bontolabbere village is disturbing the community, which can cause drunkenness, recklessness, bad village names in the outside community and can damage the younger generation.

Keywords: Perception, Society, Liquor Seller

Abstrak; Penelitian ini bertujuan; 1) untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap keberadaan penjual minuman keras di kampung Bontolabbere Kabupaten Pangkep, 2) untuk mengetahui dampak minuman keras di kampung Bontolabbere Kabupaten Pangkep. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi dan wawancara. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis kualitatif untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap keberadaan penjual minuman keras di kampung Bontolabbere Kabupaten Pangkep.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi masyarakat kampung Bontolabbere terhadap keberadaan penjual minuman keras ada 2 yaitu 1. Ada yang setuju 2. Ada yang tidak setuju, 2). Dampak yang ditimbulkan dari minuman keras (ballo kacci) di kampung Bontolabbere yaitu meresahkan masyarakat yakni dapat menimbulkan mabuk, ugal-ugalan, nama kampung jelek dimasyarakat luar dan mampu merusak generasi muda.

Kata Kunci: Persepsi, Masyarakat, Penjual Minuman Keras

Keywords


Persepsi, Masyarakat, Penjual Minuman Keras

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 16 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurusan PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar

Gedung FIS Lt. 1 Kampus UNM Gunungsari Baru Jl. Raya Pendidikan Makassar 90222

Contact Person: Dr. Muh. Sudirman, S.Ag M.Pd (081355035326)

e-mail : tomalebbi@unm.ac.id

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  has been indexed by: