ANALISIS FAKTOR PENYEBAB TIDAK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI ( STUDI TERHADAP LULUSAN SLTA DI KECAMATAN GANDANG BATU SILLANAN KABUPATEN TANA TORAJA )

RAHMAD IDRIS(1*), . MUSTARI(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui persepsi masayarakat di Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja tentang pentingnya pendidikan, (2) mengetahui faktor penyebab lulusan SLTA di Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah para lulusan SLTA yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan para orang tua yang memiliki anank lulusan SLTA yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah tujuh anak lulusan SLTA dan empat orang para orang tua. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi masyarakat akan pentingnya pendidikan adalah dengan pendidikan mereka bisa membaca, menghitung, dan bisa menjadi seorang guru. Sebenarnya mereka tahu bahwa pendidikan itu penting akan tetapi pengetahuan dan pemahaman mereka akan pentingnya pendidikan bagi kehidupan masih sangat sederhana. (2) Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab lulusan SLTA di kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, diantaranya adalah ; kondisi ekonomi keluarga yang tidak mampu, kurangnya motivasi baik dari orang tua maupun dari anak itu sendiri dan pengaruh lingkungan.

Kata kunci : Pendidikan, Perguruan Tinggi, Lulusan SLTA

ABSTRACT: This study aims to: (1) determine the public perception in the District of Tana Toraja Gandangbatu Sillanan about the importance of education, (2) determine the causes of high school graduates in the District of Tana Toraja Gandangbatu Sillanan not continue their education to college. This research is a descriptive study. Data collection techniques used were interviews and documentation. The population in this study are high school graduates who did not continue their education to college and parents who have anank high school graduates who did not continue their education to college. The samples in this study were high school graduates seven children and four parents. The data analysis technique used is descriptive qualitative analysis. The results showed that (1) the public perception of the importance of education is the education they can read, count, and could become a teacher. Actually they know that education is important but their knowledge and understanding of the importance of education for life is still very simple. (2) There are several factors that cause high school graduates in the district of Tana Toraja Gandangbatu Sillanan not continue their education to higher education, such as; economic conditions of their families, lack of motivation either of the parents or of the child it self and environmental influences.

Keywords: Education, College, High School Graduates


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 360 times | PDF view : 761 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) 

Jurusan PPKn dan Hukum FIS-H UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : tomalebbi@unm.ac.id
HP/WA: 081355035326 (an. Muh. Sudirman)

ISSN : 2962-3685 (Online)
ISSN : 2355-6439 (Print)

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Indexed by